Begini Kronologis Lengkap Hilangnya 5 Orang Pendaki Gunung Bawakaraeng

oleh
Pendaki gunung Bawakaraeng
Proses Evakuasi Korban oleh Tim TEGANA,SAR dan Warga setempat dalam menyelamatkan Pendaki gunung Bawakaraeng,Selasa 31/01/2017

Hari Senin tanggal 30 Januari 2017 sekitar pukul 16:30 wita di Lingkungan Lembanna Kelurahan Pattapang Kec.Tinggimoncong Kab.Gowa awalnya ditemukan 2 (dua) orang orang pendaki gunung Bawakaraeng oleh masyarakat setempat,berselang beberapa waktu kembali ditemukan 1(satu) orang lagi oleh Tim TEGANA bersama Tim SAR.

Pendaki gunung Bawakaraeng
Proses Evakuasi Korban oleh Tim TEGANA,SAR dan Warga setempat dalam menyelamatkan Pendaki gunung Bawakaraeng,Selasa 31/01/2017

Identitas 3 pendaki gunung bawakaraeng yang semuanya masih status pelajar dan mahasiswa itu diantaranya bernama Hendrik (21) alamat Mallengkeri Makassar,Akbar (19) alamat Jl.Tanggul Patompo Makassar dan Rafli (20) alamat Mallengkeri Makassar.

Kronologis kejadian hilangnya pendaki gunung ini di bawakaraeng.

Pada tgl 28 Januari 2017 sekitar pukul 09.00 wita anggota pencinta alam Good day sebanyak 10 orang melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng yg dipimpin oleh Sdr Hendrik selanjutnya mereka menginap di Pos 5 dan keesokan harinya pada tgl 29 Januari 2017 para pendaki Gunung melanjutkan perjalanan akan tetapi di Pos 6 ada 3 (tiga) orang mengalami trouble (kelelahan, sakit dan kedinginan) sehingga mereka sepakat untuk anggota team sebanyak 3 (tiga) orang mencari bantuan kepemukiman warga disekitar Lingk.Lembanna Kel.Pattapang Kec.Tinggimoncong dan 4 (empat) orang lagi menemani korban yang trouble di Pos 6.

Pada tanggal 30 Januari 2017 sekitar pukul 15.30 wita Basarnas Makassar menerima informasi via handphone dari Sdr. Hendrik Anggota Good day (pencinta alam Kabupaten Gowa) bahwa telah terjadi musibah terhadap 10 orang pendaki di Gunung Bawakaraeng Kab.Gowa, mereka kehabisan ransum (makanan/minuman) dan kelelahan di pos 6 jalur pendakian umum.

Pukul 16:00 Team Rescue BASARNAS Makassar menggunakan truck dan ambulance Basarnas berangkat menuju lokasi kejadian untuk mencari dan mengevakuasi korban.

Pukul 21:00 wita Tim Rescue Kantor SAR Makassar tiba di TKP dan langsung melakukan pencarian korban bersama team TAGANA (taruna siaga bencana), BPBD (badan penanggulangan bencana) Kab.Gowa dibantu Babinsa Kel.Pattapang Koramil 1409-04/Tinggimoncong (sertu Muntu) dan beberapa warga disekitar lembah Ramma.

Sampai Hari Selasa 31/01/2017 Dini hari pukul 00:59 wita team SAR gabungan masih berada di Pos 4 dan cuaca saat ini di TKP tidak mendukung (hujan disertai kabut) sehingga pergerakan team SAR agak lambat.

Pada tanggal 31 Januari 2017 sekitar pukul 11.45 wita seluruh pendaki yang dievakuasi oleh team SAR gabungan telah tiba di Lingk.Lembanna Kel.Pattapang Kec.Tinggimoncong dan langsung diberi pertolangan oleh team medis selanjutnya akan diserahkan ke keluarganya masing2 yang telah berada di Lingk.Lembanna Kel. Pattapang Kec.Tinggimoncong.

Data-Data Korban Pendaki gunung yang ditemukan oleh Tim SAR,TEGANA yang bekerja sama dengan warga setempat adalah sebagai berikut :

Korban yg trouble/sakit di pos 6 adalah :

1. Sdr.Rama, 10 thn, pelajar, alamat Mallengkeri Makassar.
2. Sdr. Aldian,18 thn, pelajar, Mallengkeri Makassar.
3. Sdr.Ipha, 21 thn, pekerjaan tidak ada, alamat Sungguminasa Kab.Gowa.

B. Pendaki yang saat ini menjaga dan menemani rekannya yg trouble di pos 6 adalah :

4. Sdr.Daniel, 18 thn, pelajar, Makassar.
5. Sdr.Muh.Lutfi, 21 thn, pekerjaan tidak ada, alamat Makassar.
6. Sdr Ilham, 22 thn, mahasiswa, alamat Makassar.
7. Sdr.Wanto, 21 thn, Mahasiswa, alamat Makassar.

C. Sedangkan rekan korban yang mencari bantuan dan ditemukan oleh warga adalah :

8. Sdr.Hendrik, 21 thn, Mahasiswa, alamat Mallengkeri Makassar.
9. Sdr.Akbar, 19 thn, pelajar, Jl.Tanggul Patompo Makassar.
10. Sdr.Rafli, 21 thn, Mahasiswa, alamat Mallengkeri Makassar.

Seluruh korban dinyatakan sehat dan dapat dijemput langsung oleh keluarganya sebab telah dilakukan pertolongan medis dengan memberi obat2an dan makanan bervitamin. ( ARMADAN/BCHT)