Begini Terobosan Andi Mustaman Bangun Pulau-pulau Kecil Makassar

oleh
andi mustaman
Andi Mustaman akan membangun Pulau-pulau kecil di Makassar jika terpilih menjadi Walikota

MAKASSAR,SUARALIDIK.com – Kota Makassar bukan hanya daratan besar. Namun, terdapat 12 pulau-pulau kecil dan 9 diantaranya berpenghuni yang tersebar di perairan kepulauan Spermonde.

andi mustaman
Andi Mustaman akan membangun Pulau-pulau kecil di Makassar jika terpilih menjadi Walikota ||handover

Namun, kehadiran pulau-pulau kecil ini belum sepenuhnya mendapatkan keadilan pembangunan seperi wilayah di daratan besar. Penetapan kecamatan baru untuk wilayah pulau-pulau kecil belum mampu menjawab kesenjangan pembangunan.

Demikian disampaikan calon Wali Kota Makassar Andi Mustaman, Selasa, (8/8/2017). Kata dia, untuk mengatasi kesenjangan pulau-pulau kecil Kota Makassar perlu upaya pembangunan kepulauan yang mandiri dengan menyediakan infrastruktur, lapangan kerja, fasilitas pendidikan dan kesehatan serta menjadikannya sebagai pusat inovasi konservasi ekologi.

Mantan legislator DPRD Sulsel dua periode ini menyatakan jika diberikan kepercayaan memimpin Kota Makassar yang pertama ia lakukan membangun Pulau-pulau kecil yakni membentuk desk kepulauan yang bertujuan untuk memperkecil gap pembangunan pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Program utama kami adalah pembangunan manusia, kesehatan dan ekonomi mikro. Khusus untuk di wilayah kepulauan program ini perlu penanganan yang khusus,” jelasnya.

Aman mengungkapkan pembangunan manusia di pulau-pulau pihaknya akan memastikan semua anak sekolah berusia 6-21 tahun mendapapatkan pelayanan pendidikan gratis untuk meningkatkan partisipasi sekolah.

Kami akan mendirikan pusat-pusat belajar masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan melalui program kerjar Paket C dan program kursus keterampilan serta mendirikan SMK Kelautan unggulan untuk menyiapkan tenaga kerja terampil melalui peningkatan jumlah guru produktif,” jelas tokoh pendidikan Sulsel ini.

Khusus untuk pelayanan kesehatan, Aman akronim dari namanya ini berjanji akan membangun sebuah rumah sakit dilengkapai ambulance apung di salah satu pulau kecil yang tentunya akan didukung tenaga medis dengan yang banyak untuk mempermudah akses pelayanan kesehatan.

Sementara bidang ekonomi, Aman akan menjadikan kepulauan Kota Makassar sebagai pusat inovasi konservasi ekologi. Membuka pusat-pusat kewirausahaan di tingkat kecamatan/kelurahan yang menyediakan coworking space, permodalan dan dukungan lain bagi wirausahawan baru.

Contohnya, mengembangkan resort apung yang ramah lingkungan untuk mengantisipasi terbatasnya lahan. Mendorong peningkatan hasil tangkapan dan budidaya perikanan melalui pendampingan industri perikanan yang dikelola oleh masyarakat lokal,” tegasnya. ( amk/red2)