Bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Sulsel, Pemkab Bulukumba Laksanakan Diklat Kepemimpinan IV

oleh -
Photo : Bupati Bulukumba AM Sukri Andi Sappewali nampak menyematkan tanda peserta Diklat Pim IV Kepada peserta Diklat PIM IV

BULUKUMBA, Suaralidik.Com –  Pemerintah Kabupaten Bulukumba melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) IV. Diklat ini terdiri atas 2 angkatan yaitu  321 dan 322. Setiap angkatan diikuti oleh 40 peserta sehingga total keseluruhan peserta Diklatpim yang dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan berjumlah 80 orang, atau 46 laki-laki dan 34 perempuan.

Menurut Kepala BKPSDM Andi Ade Ariadi dalam laporannya mengatakan angkatan 321 akan mengikuti Diklatpim di Kampus I BPSDM Provinsi Jalan Sultan Alauddin Makassar, yang akan dimulai pada 27 Agustus sampai 13 Desember 2018. Adapun untuk angkatan 322 akan mengikuti Diklatpim di Kampus II BPSDM Jalan Cenderawasih yang akan dimulai pada 30 Agustus sampai 15 Desember 2018.

Lebih lanjut Andi Ade mengatakan tujuan penyelenggaraan diklatpim ini untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan di instansinya masing-masing. Keberhasilan dari diklatpim, tambah Andi Ade adalah adanya kemampuan membangun karakter sikap perilaku yang berintegritas, serta kemampuan menjunjung tinggi etika publik, serta taat pada nilai-nilai dan norma serta memiliki moralitas dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu, peserta juga diharapkan mampu melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola tugas-tugas organisasi.

“Kita juga berharap setelah mengikuti diklatpim, ASN yang mengikuti Diklatpim bisa melakukan inovasi dan mengoptimalkan sumber daya di instansinya masing-masing,” ujar Ade Ariadi saat menyampaikan laporan pada Pembukaan Diklatpim IV di Ruang Pola Kantor Bupati, Jumat (24/8)

Bupati AM Sukri Sappewali mengatakan, pegawai negeri sipil sebagai ujung tombak dalam birokrasi pemerintahan, pada prinsipnya sangat dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan perubahan lingkungan, baik di dalam organisasi maupun di luar organisasi. Untuk itu, kata AM Sukri Sappewali,  ASN diharapkan memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dan mempunyai kompetensi yang memadai agar dapat secara maksimal memberikan mutu pelayanan kepada masyarakat secara memadai.

AM Sukri Sappewali berharap para ASN yang mengikuti Diklatpim nantinya dapat memenuhi beberapa kualifikasi dan kapabilitas, diantaranya, pertama memiliki kemampuan di dalam membimbing dan mengarahkan staf, maupun di dalam memberikan pelayanan kepada publik secara efektif dan efesien. Yang kedua memiliki kemampuan di dalam menjabarkan kebijakan pimpinan secara operasional kepada staf bawahan, serta merespon dan mengakomodir keinginan maupun aspirasi masyarakat.

Bupati dua periode ini memberikan perumpamaan secara sederhana terhadap Diklatpim tersebut, sebagai sesuatu yang diolah dan diracik.

“Jadi anggaplah kalian ini adalah kambing, jangan kembali ke Bulukumba menjadi kambing juga, tapi pulanglah dengan menjadi sate kambing atau gulai kambing yang enak dan gurih,” canda AM Sukri Sappewali di hadapan peserta Diklatpim IV

Sementara itu Kepala BPSDM Provinsi Imran Jausi mengapresiasi upaya Pemkab Bulukumba melaksanakan Diklatpim. Menurutnya dengan jumlah peserta 80 orang adalah bentuk keberpihakan Pemkab dalam meningkatkan kapasitas SDM aparaturnya. Pihaknya, lanjut Imran Jausi akan terus mengembangkan dan meningkatkan mutu diklat yang dilaksanakan sehingga akan menghasilkan keluaran yang lebih baik.

Turut hadir pada pembukaan Diklatpim ini Ketua DPRD Bulukumba Andi Hamzah Pangki dan Sekretaris Daera Andi Bau Amal, serta para kepala perangkat daerah.(***iswanto)