Belajar Pengelolaan BUMDES ,Kades Di Bulukumba Studi Banding Ke Bandung

oleh
Rombongan Kepala Desa Bulukumba berpose bersama Kades Wangi Sagara Majalaya Bandung

SUARALIDIK.com,BULUKUMBA. Dalam rangka meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan wawasan para Kepala Desa di Bulukumba melakukan kunjungan kerja atau studi banding di Desa Wangi Sagara Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Jabar.

Sebanyak 52 peserta yang merupakan 17 Kades bersama BPD serta Sektretaris dan Perangkat Desa dari beberapa kecamatan yang ada di Bulukumba diterima oleh Kepala Desa Wangi Sagara, Edjing Gandi dan Dirjen Kementerian Desa Taufik Junaid.

“Kami melakukan studi banding ke Desa Wangi Sagara Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Studi banding ini selama 4 hari,” ungkap Kepala Desa Bonto Bulaeng Kecamatan Bulukumpa ,Rais “Aplus” Abdul Salam yang juga selalu Ketua Rombongan kepada Indota.com, Senin malam (01/08/2016) melalui saluran telpon.

Rais “Aplus” menjelaskan, desa yang dijadikan lokasi studi banding sebelumnya disurvei dulu. Desa Wangi Sagara sendiri merupakan desa percontohan desa di Indonesia. Sebab mampu mengembangkan potensi daerah melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Di Wangi Sagara, lanjut dia, masyarakatnya mampu memanfaatkan potensi daerah secara bersama-sama. Mayoritas pekerjaannya sebagai petani, peternak, maupun pedagang.

Untuk hasil pertanian, warga mampu memasok 78 ton sayur-sayuran untuk supermarket. “Kita harus mampu meniru desa yang terbilang sukses membangun program BUMDes-nya” terangnya.

Tujuan dilakukannya kunjungan kerja ini untuk mengetahui pengelolaan keuangan daerah, Peraturan Daerah (Perda dan Perbub) yang mengatur tentang desa dan selain itu juga ingin mengetahui Sistem Pengelolaan BUMDES yang ada di Kabupaten Bandung (aa_tj81/indota.com)


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama