Bencana dan Kecelakaan melibatkan Siswa “SMP Semen Tonas” Latihan SIMULASI

oleh
Para Siswa SMP Semen Tonasa berlatih dalam menanggulangi luka korban.

PANGKEP, suaralidik.com – Dalam rangka untuk meningkatkan kesiap siagaan dalam menghadapi bencana, Pengurus PMR SMP Swasta Semen Tonasa Pangkep bekerjasama dengan PMI Pangkep menggelar pelatihan simulasi penanggulangan bencana di lapangan sekolah. Sabtu, (31/03/2018).

Para Siswa SMP Semen Tonasa berlatih dalam menanggulangi luka korban.

Simulasi yang di laksanakan seperti penanganan korban saat bencana, atau trauma seperti terjadi pendarahan karena jatuh hingga mengalami patah tulang serta kasus-kasus yang mungkin terjadi jika bencana terjadi.

“Diharapkan dengan Simulasi ini para siswa khususnya anggota Palang Merah Remaja dapat menjadi siswa yang tanggap jika terjadi bencana maupun kecelakaan, mereka tidak lagi bergantung pada tenaga medis, namun dapat melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu agar tidak terlambat memberikan pertolongan.” Ungkap Sariani, pelatih PMI Pangkep

Lebih lanjut, pembina Palang Merah Remaja SMP Swasta Semen Tonasa, H. Firman, menjelaskan bahwa kegiatan simulasi tentang penyelamatan korban saat bencana begitu bagus dan begitu memberi makna, tentu bukan hanya kepada siswa yang ikut terlibat dalam PMR tapi juga termasuk di dalamnya adalah para siswa yang lain yang ikut menonton begitu mengapresiasi luar biasa.

“Ini adalah salah satu kegiatan yang baru dilaksanakan di sekolah kita ini, yang selama ini belum pernah ditampilkan model seperti itu, hanya rata-rata dilakukan untuk yang sederhana saja tentang pertolongan pertama, mudah-mudahan kedepan PMR tetap berjaya di sekolah kita ini, dan bisa mengangkat nama baik sekolah kita.” Harapnya.

Para Siswa dilatih mengevakuasi korban dengan tanduh.

Kegiatan simulasi penanggulangan bencana yang dilakukan oleh anggota Palang Merah Remaja SMP Swasta Semen Tonasa 2 adalah rangkaian kegiatan pendidikan dan latihan dasar anggota baru tahun 2018. (Syaiful/Wank86).