Bentrok Satpol PP Gowa dengan Pasukan Tubarania Akibat Sabotase Adat Accera Kalompoang, Andi Massuale ” Besok Kita Perang Lagi”

oleh
Prosesi Accera Kalompoang di Balla Lompoa Gowa-SUARALIDIK

GOWA,SUARALIDIK.com – Dalam prosesi Adat Kerajaan Gowa yakni Accera Kalompoang yang dilaksanakan pada Minggu (11/9/2016) siang tadi diwarnai pelemparan batu antara Satpol PP yang dibantu Relawan Bupati Gowa dengan Pasukan Tubarania Kerajaan Gowa.

Sekitar 250 Pasukan Tubarania bergerak dari kediaman Andi Massuale dengan mengenakan pakaian warna merah dan ikat kepala serta membawa tombak sebagaimana layaknya prajurit kerajaan bergerak menuju Istana Balla Lompoa untuk mengantar hewan Kerbau dan air suci dalam rangkaian prosesi adat ” Accera Kalompoang” yang akan dilaksanakan oleh Raja Gowa ke-37 Andi Maddusila Andi Idjo yang bergelar I Maddusila Daeng Mannyonri Karaeng Katangka Sultan Aluddin II.

Namun di depan Istana Balla Lompoa,Pasukan Tubarania tersebut dihalangi oleh Satpol PP untuk masuk kedalam pintu gerbang istana. Tidak terima di halang-halangi Satpol PP dan tiba-tiba entah siapa yang memulai terjadi pelemparan baru diantara kedua kelompok.

Salah seorang pendukung Raja Gowa bersitehgang dengan personil kepolisian sesat setelah bentrok anatara Satpol PP dengan Pasukan Tubarania, Minggu (11/9/2016) -SUARALIDIK
Salah seorang pendukung Raja Gowa bersitegang dengan personil kepolisian sesat setelah bentrok antara Satpol PP dengan Pasukan Tubarania, Minggu (11/9/2016) -SUARALIDIK

Dalam aksi pelemparan batu tersebut,salah seorang Personil atas nama Jamaluddin mengalami luka di bagian kepala akibat terkena lemparan batu.

Saat terjadi pelemparan batu ke kawasan Ballalompoa oleh pendukung Raja Gowa A. Andi Maddusila, Wakil Bupati Gowa yakni HA. Rauf Malaganni berada di dalam area Ballalompoa.

Hingga berita ini diterbitkan ,informasi yang dihimpun Redaksi SUARALIDIK.com, pendukung Andi Maddusila masih standby di Rumah Andi Massualle yang terletak di Jalan Istana untuk melakukan konsolidasi

Bahkan, salah satu pendukung Raja Gowa Ke-37 tersebut yaitu A. Massualle menyampaikan tidak usah laporan ke Polisi, nanti besok lagi kita perang

REPORTER; muhardi/andi awal

REDAKSI SUARALIDIK; andi awal