Berhias Telur Warna Warni dan Bunga Uang Kertas, Meriahnya Perayaan Maulid Di Daerah Pesisir Kalumeme

oleh

suaralidik.com, Bulukumba–Dengan mengusung tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam Sebagai Bekal Membangun Generasi Yang Unggul”, Panitia Masjid Nurul Safia, Kelurahan Kalumeme yang terletak di area Pesisir Dalam Baronang, merayakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad saw.

Acara berlangsung pada minggu (10/12) di Masjid Nurul Safia. Perayaan yang dihadiri oleh sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah kelurahan, dan Jamaah Masjid ini, dikemas meriah dan diwarnai batang pisang berhias telur serta bunga-bunga dari uang kertas yang dibentuk sedemikian rupa.

Menurut keterangan Ketua Panitia, Atibudin S.Sos MM, ini adalah keinginan jamaah, sehingga panitia masjid harus merespon kegiatan semacam ini.

“Apalagi, kegiataan Maulid ini memang sudah menjadi tanggung jawab kita untuk memperingatinya dan meneruskan kepada generasi-generasi kita untuk mencontoh dan menjadikannya suri tauladan,” ujar Atibudin.

Dalam kesempatan, tokoh masyarakat Kalumeme yang turut berpartisipasi diantaranya adalah Haeruddin Lawa dan H. Andi Agus Salim Ishak. Mereka sangat mengharapkan agar tradisi keagamaan ini dapat dilaksanakan setiap tahun. Terlebih, saat ini generasi muda berada ditengah keterpurukan akhlak. Belum lagi para penerus ini berada di ambang kehancuran akibat pengaruh narkoba dan sejenisnya.

“Semoga dengan mendekatkan generasi muda pada nilai nilai yang relegius, dapat menyelematkan generasi ke depan menjadi generasi yang unggul.” Ungkap keduanya, yang saling mengaminkan pendapat dalam perbincangan di tengah-tengah acara perayaan Maulid.

Lebih jauh, Ustadz Ihwan Bahar, Ketua Dai Muda Bulukumba, dalam tausiah/ceramah Maulidnya, Ia menitip harapan besar agar peringatan maulid tidak hanya menimbulkan kemeriahan atau sekadar berlomba menghias telur.

“Hikmah yang harus dipetik dan kesukuran kita atas apa yang telah Nabi Muhammad perjuangkan untuk ummatnya dalam mencari ridho Allah SWT, dan mengantar ummatnya ke jalan yang benar.” Tutup Dai muda tersebut.