Beri Pembinaan Para Calon Kades, Begini Pesan Syarif Mbuinga

oleh

Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga saat memberikan arahan kepada para calon Kades digedung Panua Kantor Bupati, senin 29/10/2018,(foto humas).

Gorontalo, Suaralidik.com – Bupati Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo Syarif Mbuinga memberikan pembinaan kepada 83 calon Kepala Desa yang alan berkempetisi pada 5 november nanti.

Selain Bupati, para calon kades juga mendapatkan pembinaan dan arahan dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mulai dari Wakapolres Pohuwato Kompol Vondy Mawitjere dan Kajari Pohuwato Khaidir di gedung Panua kantor Bupati,senin 29/10/2018.

Dalam arahannya Bupati Syarif menegaskan bahwa, membangun dan mensejahterakan masyarakat desa tidak hanya menjadi seorang kepala desa, namun menjadi pengayom bagi masyarakat.

“Banyak sarana lain untuk bisa kita jadikan sebagai pengabdian dalam rangka membangun desa dan masyarakat. Dalam sebuah kompetisi sudah menjadi sunnatulah atau hasil akhir dari sebuah kompetisi adalah kalah dan menang, sehingganya untuk menjadi calon kades harus menjadi kades yang dipanggil oleh panggilan pengabdian. Kita dipanggil oleh tuntutan untuk mengeluarkan ide dan kemampuan kita dalam rangka memimpin desa yang muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun desa dengan baik,” ujar Syarif.

Syarif juga menegaskan, sebagai seorang kepala daerah ia berada pada posisi yang netral dan tidak mendukung satu calon pun dari..

“Saya ingin tegaskan Bupati Pohuwato dan pemerintah daerah berada pada posisi yang netral dan tidak memihak kepada salah satu calon. Posisi bupati sebagai kepala daerah netral dalam menyikapi pemilihan kepala desa 5 November nanti,” tegas Bupati.

Kalaupun ada, lanjut Syarif, calon kades yang datang ke rumah jabatan bupati, itu jangan diartikan sebuah dukungan, mengingat mereka datang sekedar bersilaturahmi dan meminta restu dari Bupati untuk maju sebagai calon kades.

“Orang datang kerumah, tidak mungkin saya tolak di pintu rumah.semua calon bisa datang bersilaturahmi,” kata Syarif

Sementara Kompol Vondy dan Kajari Khaidir dalam arahannya juga meminta kepada seluruh calon kades untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak yang tinggal sepekan lagi. Serta meminta agar dapat bersaing secara sehat untuk merebut simpatik dan dukungan masyarakat agar situasi kamtibmas baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan Pilkades nanti dapat berjalan aman dan kondusif,(***TR/04).