Berperan Aktif Turunkan Tingkat Kriminalitas, Ini yang Ditempuh Koramil 401-02/ Babat Toman

oleh -
Foto : Beberapa warga menyerahkan senpi rakitannya ke Koramil 401-02/ Babat Toman

Muba, suaralidik.com – Kesadaran masyarakat untuk menyerahkan senpi rakitannya semakin besar.  Hal ini dibuktikan setelah penyerahan senjata api rakitan (Senpira) beberapa waktu lalu kini menyusul beberapa warga kembali mendatangi Makoramil 401-02/Babat Toman guna menyerahkan barang berbahaya tersebut.

Penyerahan senpi rakitan diawali dengan himbaun serta dilakukan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) kepada masyarakat di wilyah teritorial Koramil 401-02/Babat Toman, Jum’at (15/02/2019).

Kali ini warga Desa Panai senang, Kecamatan Sanga Desa menyerahkan 2 pucuk senpi rakitan jenis kecepek dan kemudian Ansori menyerahkan 1 unit dan juga Ledo 1 unit keduanya adalah warga Desa Pengaturan Kecamatan Batang Hari Leko Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selatan.

Ke 3 (tiga) warga tersebut di dampingi kepala desa dan Babinsa untuk menyerahkan senpira tersebut langsung ke Makoramil 401-02/Babat Toman dan telah diterima langsung oleh Kapten Inf Suhartono.

Selanjutnya Dandim 0401/Muba Letkol Arm Muhamad Syaifuddin Khoiruzzamani S.sos. Melalui Danramil 401-02/ Babat Toman Kapten Inf Suhartono mengatakan, bahwasannya penyerahan senpira tersebut adalah salah satu bentuk kesadaran masyarakat dan taat terhadap aturan hukum.

“Untuk itu demi kesadaran masyarakat menyerahkan senjata api pada kami adalah bukti nyata bahwa masyarakat Muba khususnya di wilayah teritorial Koramil 401-02/ Babat Toman sudah sadar akan hukum dan merekapun menyerahkan sendiri ke Koramil di dampingi oleh kepala Desa dan Babinsa,” Ujar Danramil.

Tujuan dari kegiatan komsos ini, lanjut Suhartono, adalah untuk menekan terjadinya tindak pidana yang menggunakan senjata api di wilayah teritorial Koramil 401-02/Babat Toman.

“Dengan kepememilikan senjata api biasanya pelaku kejahatan lebih berani dan kejam terhadap korbannya,”tukas Danramil.

Kemudian Danramil mengucapkan terimakasih kepada kepala Desa dan masyarkat yang telah bekerja sama serta menghimbau agar kepada seluruh masyarakat Muba yang masih memiliki senjata api ilegal agar segera dapat menyerahkan kepihak yang berwenang.

Kepada kepala Desa dan warga yang telah membantu kami dalam menyampaikan himbauan sejak beberapa bulan yang lalu  diucapkan terima kasih.

Bagi  warga masyarakat yang masih memiliki senjata api tanpa izin disilakan melapor dan menyerahkan senpi tersebut ke Kodim 0401/Muba dalam hal ini Koramil 401-02/ Babat Toman atau pihak kepolisian polres Muba atau Polsek.(***adi)