Bertandang Ke “Gedung Putih” , Eksekutif Dan Legislatif Boltim Sepakat Jaga Keharmonisan

oleh -
Pertemuan eksekutif dan legislatif Boltim
Foto : Pertemuan 20 Anggota legislatif dan eksekutif Boltim,(foto dok. Humas).

BOLTIM, Suaralidik.com – Guna menjaga keharmonisan hubungan antara pihak Eksekutif dan Legislatif, 20 Anggota Legislatif (Aleg) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang baru saja di lantik beberapa waktu lalu, bertandang ke Kantor Bupati Boltim. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Bupati Sehan Landjar SH, didampingi Wakil Bupati Drs Rusdi Gumalangit dan Sekretaris Daerah (Sekda) Oscar Manoppo SE.

Kedua pihak ini duduk satu meja sekaligus menggelar rapat bersama. Pokok dan tujuan agenda ini tidak lain untuk menjaga serta meningkatkan hubungan kerjasama maupun keharmonisan antara keduanya. Selain itu, rapat ini juga membahas beberapa program yang menjadi tanggung jawab bersama, dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat Boltim.

Salah satu hal pokok yang diangkat dalam pembahasan kali ini adalah terkait pasar yang ada di Boltim. Dimana tidak sedikit pedagang yang enggan berjualan di pasar, dan memilih untuk berjualan di pinggir jalan raya. Hal ini menurut para Aleg, perlu ada ketegasan dari pihak Pemerintah agar keberadaan pasar bisa lebih efektif.

Menanggapi hal ini, Bupati mengapresiasi semua saran dan masukan yang disampaikan oleh para Aleg. Menurut Bupati, semua hal yang disampaikan pada rapat tersebut bernilai positif.

“Saya sepakat terkait usulan untuk penertiban pedagang di jalan raya, untuk direlokasi ke Pasar yang telah disiapkan. Namun hal ini perlu beberapa langkah dan tahapan, antara lain anggota Satpol PP harus lebih tegas,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, kedepan Pemkab berencana untuk mengontrakkan pasar ke pihak kedua. Nantinya seluruh lapak atau kios bahkan kebersihan di pasar, pihak tersebut yang mengatur karena sudah menjadi tanggung jawabnya.

“Tapi, kita akan mengatur standar harga sewa lapak atau kios. Agar jangan sampai para pedagang terbebani dengan harga sewa yang ditentukan oleh si pengontrak (pihak kedua). Kesemuanya akan kita atur dalam perda untuk dijadikan acuan,” terang Bupati.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Priyamos SH membenarkan adanya kunjungan Aleg sekaligus rapat tersebut. Diterangkannya, inti dari kunjungan 20 Aleg ini selain silaturahmi dan membangun keharmonisan antara Eksekutif maupun Legislatif, juga membahas beberapa program pembangunan strategis di daerah Boltim.

“Pembahasannya mencakup sektor ekonomi, pembangunan, kesehatan, hingga pengelolaan air bersih rakyat,” imbuhnya. (Bob/TUP).