Besok Launching Sekolah Adat Karaeng Galesong Pertama Di Indonesia

oleh

SUARA LIDIK TAKALAR, – Forum Pemerhati Galesong (FPG) sebuah forum yang lahir dari keprihatinan Tokoh – Tokoh Adat Karaeng Galesong Kabupaten Takalar terhadap kondisi adat istiadat dan budaya Galesong yang mulai terkikis. Setelah Forum Pemerhati Galesong ini Pengurus Pusatnya telah dikukuhkan beberapa waktu lalu di Makassar, dalam kesempatan itu juga lahir sebuah ide dan program perdana FPG dalam menghidupkan dan melestarikan kembali budaya-budaya orang Galesong. Senin (13/02/2017)

Sekolah Adat Karaeng Galesong (SAKG) yang di gagas oleh FPG ini, besok akan melakukan kegiatan Launching Sekolah Adat Karaeng Galesong Pertama yang rencananya akan diadakan di Rumah Karaeng Gassing yang juga selaku Kepala Sekolah Adat Karaeng Galesong.

Foto : Pada Saat Pengukuhan Pengurus Pusat FPG (Forum Pemerhati Galesong)

Dalam launching tersebut FPG akan menghadirkan sanggar seni pakarena Galesong Art, Ketua Umum Presidium Ikatan Cendikiawan Keraton Nusantara (ICKN) Seluruh Indonesia yakni Prof. DR. H.Muhammad Asdar,SE.,M.Si, Pembina FPG Prof.DR. H.Aminuddin Salle, SH.,MH Karaeng Patoto yang juga merupakan Ketua Dewan Pakar Majelis Pertimbangan Adat Nusantara (MAPAN), serta para pengurus Pusat FPG dan Tokoh-tokoh adat lainnya.

Saat awak media mengkonfirmasi bakal tampilnya Sanggar Pakarena Art Galesong melengkapi kegiatan launching tersebut, ungkap Ketua Sanggar Pakarena Galesong Art Ibu Kartini,S.Pd.

Ditambahkan lagi bahwa sanggar ini bergerak di seni tari, seni musik, seni tata rias, dan seni rupa, ungkapnya lagi.

Sudah banyak prestasi yang sudah ditorehkan sanggar ini dan juga sudah tampil dalam berbagai ajang baik itu skala provinsi maupun skala kabupaten bahkan akan menuju ke ajang tingkat Nasional.

Beberapa diantaranya yang pernah diikuti sanggar ini yakni lomba festival seni antar pelajar di UNM di Gunung Sari, festival sanrobengi, ultah Takalar, dan lain-lain.

Rep :M.KML