Biaya Rehab Monumen Pongtiku Telan Anggaran Rp 900 Juta

oleh
Rencana rehab Monumen Pongtiku Topraja Utara/SUARALIDIK.com

SUARALIDIK.com,TORAJA UTARA – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Toraja Utara, Innocentius Rantepasang mengatakan pada SuaraLidik.com, Rabu (05/10) , bahwa tahun 2016 ini monumen Pahlawan Pongtiku akan dilakukan rehabilitasi  berat dengan anggaran Rp. 900 Juta yang bersumber dari dana APBN.

Dasar pertimbangan pemugaran tersebut, kata Innocentius, karena   monumen  yang lama kurang begitu mengesankan,  apalagi kalau mengambarkan saat Pahlawan Pongtiku ditembak mati oleh tentara Belanda di sungai.

Untuk itu, agar monumen baru ini seakan-akan bercerita sesuai dengan sejarah, maka dalam pemugaran ini selain patung tentara Belanda yang dibuat dengan memegang senjata , juga akan ada patung Pahlawan Pongtiku disitu. ” ujar Innocentius.

Rencana rehab Monumen Pongtiku Topraja Utara/SUARALIDIK.com
Rencana rehab Monumen Pongtiku Topraja Utara/SUARALIDIK.com

Innocentius meyakinkan bahwa pemugaran monumen pahlawan Pongtiku di Jalan Benteng Batu Rantepao ini,  jika pembangunannya sudah selesai akan menjadi salah satu ikon pariwisata.

Saya yakin kalau pembangunan baru monumen Pahlawan Pongtiku ini sudah selesai, maka menjadi salah satu  ikon pariwisata, dan orang-orang akan berfoto-foto disitu sebagai kenangan-kenangan  bagi pengunjung wisatawan,” pungkasnya.

REPORTER ; lisna

REDAKSI ; andi awal-suaralidik.com


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama