BKKBN Gandeng TNI di Bulukumba Dalam Memaksimalkan Program KB

oleh

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi program baru, Pencanangan Bakti Sosial TNI-KB-KES, di kelurahan Jalanjang, Kecematan Gantarang, Kabupaten Bulukumba. Kamis (10/8/17).

Program dengan tema ‘Ayo kita dukung program berencana di kabupaten Bulukumba demi terwujudnya keluarga sehat, berakhlak dan berbudaya menuju kabupaten Bulukumba sejahtera’ ini melibatkan langsung TNI didalamnya untuk penyuluhan program Keluarga Berencana (KB).

Dalam sambutannya, kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel yang diwakili Kabid Adpin, Amrullah Hamza mengungkapkan pembentukan kampung KB adalah arahan Presiden RI, agar pelayanan KB dapat di rasakan langsung kepada masyarakat yang ada di desa dan kampung kampung.

Lebih lanjut, Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat Kampung atau yang setara melalui program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Terlebih, keberhasilan program KB dalam mengendalikan kelahiran yang diraih sampai saat ini tidak terlepas peran TNI, TNI merupakan mitra BKKBN yang selama ini terus berkomitmen dalam penyuluhan dan penggerakan program KB.

“BKKBN mengharapkan dukungan TNI, yakni Danramil dan Babinsa untuk membantu melakukan penyuluhan dan penggerakan seperti yang telah dilakukan secara optimal di beberapa daerah,” ujar Amrulla Hamza.

Sementara dalam sambutannya Bupati Bulukumba, Andi Muhammad Sukri Sappewali, yang meresmikan pencanangan langsung program mengapresiasi langkah BKKBN.

“Kampung KB ini direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi oleh dan untuk masyarakat. Sedangkan Pemerintah Daerah maupun lembaga non pemerintah dan swasta berperan dalam fasilitasi, pendampingan dan pembinaannya,” kata Purnawirawan TNI itu.