BP3TKI Medan Kembali Laksanakan Sosialiasi di SMK Swasta Pariwisata USI Simalungun

oleh
BP3TKI Medan
Sosialiasi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Ke Luar Negeri di SMK Swasta Pariwisata USI Kabupaten Simalungun

Medan,Suaralidik.com – BP3TKI Medan kembali melaksanakan Sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Ke Luar Negeri “Dalam Rangka Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan meningkatkan Penempatan Skill Profesional”. Kali ini kegiatan dilaksanakan di SMK Swasta Pariwisata USI Kabupaten Simalungun pada hari Kamis tanggal 29 Maret 2018.

Kegiatan yang diikuti oleh 75 orang Siswa/i ini, dibuka oleh Bapak Rohdian Purba selaku Kepala Sekolah. Dalam sambutannya beliau mengatakan “Banyak terimakasih kepada tim BNP2TKI terutama BP3TKI Medan yang telah menyempatkan dan memilih SMK Swasta Pariwisata USI untuk dikunjungi dan menyampaikan informasi bagaimana untuk bekerja keluar negeri yang benar dan bagaimana mendapatkan peluang kerja ke Luar Negeri dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa-siswi kami”

Sama dengan Kepala Sekolah SMK Swasta Pariwisata USI, Siswa-siswi juga sangat antusias menyambut kegiatan ini, karena narasumber menyuguhkan profil video BNP2TKI dan perkenalan dengan beberapa peraturan di dunia Tenaga Kerja Luar Negeri. Dan siswa/siswi juga diberi kesempatan oleh narasumber untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris dengan memperkenalkan nama dan profil sekolahnya.
Dalam kegiatan ini, Hermansyah, S.I.Kom, M.I.Kom dan Lucky Adi Pramono, SE sebagai narasumber memperkenalkan tentang Undang-undang tentang PMI (Pekerja Migran Indonesia), penempatan PMI ke Luar negeri (Peluang Kerja Luar Negeri) serta mekanisme penempatan PMI tang terdiri dari P to P, G to G, G to P, kepentingan perusahaan sendiri dan perseorangan / mandiri.

BP3TKI Medan giat melakukan Sosialisasi P2TKI dengan tujuan penyampaian informasi yang baik, benar, akurat dan tepat waktu sehingga terwujud pengertian dan pemahaman yang positif tentang peluang kerja luar negeri di masyarakat luas dan pada akhirnya P2TKI dapat memberikan andil yang positif dalam rangka mengurangi pengangguran di Sumatera Utara. (HUMAS/BP3TKI Medan/BCHT)