BPBD Pangkep Bentuk Tim SIBATARA di Kecamatan Balocci

oleh
SUBATARA Balocci Pangkep
Suasana pembentukan SIBATARA kecamatan Balocci

Pangkep, suaralidik.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pangkep, membentuk tim SIBATARA siaga bencana tangan rakyat untuk menanggulangi dan siap apabila terjadi bencana alam di daerah ini.
Kegiatan berlangsung di Aula kantor Kelurahan Balleangin, Kecamatan Balocci Pangkep, Jum’at (13/03/2018).

“Tim bentukan BPBD ini merupakan tim gabungan dari berbagai elemen, dengan tujuan agar petugas bisa melakukan langkah cepat apabila terjadi bencana alam,” kata Kepala bidang Kedaruratan BPBD Pangkep H. Lukman, SH

Ia menjelaskan, Tim siaga bencana ini bernama SIBATARA atau Siaga Bencana Tangan Rakyat. Tim ini nantinya yang tergabung dengan tim BPBD Pemkab Pangkep ketika terjadi bencana.

Lukman menjelaskan, tim ini sengaja dibentuk, selain memang karena kebutuhan, juga dimaksudkan untuk meningkatkan peran aktif semua masyarakat dalam menanggulangi terjadinya bencana alam.

“Kalau tim SIBATARA nantinya memiliki jaringan hingga ke tingkat desa dan pola koordinasinya sangat cepat. Jelas akan sangat membantu apabila ada bencana terjadi,” ujar jelasnya.

Selain itu, pendidikan dan pelatihan tentang simulasi kepada tim SIBATARA desa/kelurahan sekecamatan Balocci.Harapannya, agar masyarakat memiliki kesadaran upaya-upaya yang harus dilakukan apabila terjadi bencana alam, seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Kepala Kecamatan Balocci Muhammad Jaenal dalam sambutannya menjelaskan, Kabupaten Pangkep termasuk salah satu kabupaten yang masuk kategori rawan terjadi bencana alam, seperti banjir,puting beliung dan tanah longsor.

” Khusus kecamatan Balocci, potensi terjadi adalah banjir bandang. Dan tahun 2012 salah satu lokasi yang pernah terkena adalah kampung Senggerang. ” terangnya.

Kegiatan pembentukan SIBATARA di Kecamatan Balocci di akhiri Simulasi bersama, BPBD, PMI, TNI, Polri dan Puskesmas Balocci di saksikan masyarakat kampung Senggerang. ( ***Syaiful)