BPBD Pangkep Sosialisasi Bencana Puting Beliung Bareng Warga Bulucindea

oleh
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangkep melaksanakan sosialisasi dan simulasi penanganan dampak angin puting beliung,di Desa Bulucindea kecamatan Bungoro kabupaten Pangkep , Kamis (8/11/2018).

Pangkep, Suaralidik.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangkep melaksanakan sosialisasi peningkatan pengetahuan dan simulasi penanganan dampak angin puting beliung,di Desa Bulucindea kecamatan Bungoro kabupaten Pangkep , Kamis (8/11/2018).

Kegiatan diikuti aparat desa dan masyarakat Bulucindea serta tim reaksi cepat BPBD Pangkep. Tujuannya hasil sosialisasi nantinya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya bencana alam khususnya puting beliung, termasuk tanda-tanda akan terjadinya bencana alam, peringatan dini yang dikeluarkan pemerintah dan terbangunnya budaya siap siaga menghadapi bencana alam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangkep, Achmar Hisbulwatan mengatakan pemerintah harus  peduli bahaya dari bencana khususnya masyarakat sebagai yang paling berdampak.

“Kita semua harus peduli dan siaga terhadap semua bencana,  baik itu bencana yang ditimbulkan oleh alam maupun bencana yang ditimbulkan oleh manusia sendiri,” kata Achmar.

Sementara Kepala desa Bulucindea, Made Ali mengatakan sosialisasi dan Simulasi rawan bencana angin puting beliung sangat membantu warganya, dalam memberikan pemahaman terhadap bahaya bencana kepada masyarakat.

“Wilayah kami Bulucindea adalah daerah potensi puting beliung,  karena berada di daerah pesisir pantai,  Jadi kegiatan ini menjadi sarana membentuk keperibadian peduli terhadap budaya kesiapsiagaan menghadapi berbagai ancaman yang ditimbulkan alam atau manusia sendiri,” ujarnya.

Desa Bulucindea kecamatan Bungoro termasuk daerah rawan terjadi bencana puting beliung setiap tahunnya. Data dari BPBD Pangkep ada tiga daerah yang potensi terkena yakni  daerahnya Biring kassi, Jollo dan Majannang.(***Syaiful)