Makassar Recover

Pemkab bantaeng

BPD Desa Balang Butung Setujui Penetapan Ranperdes Tentang Pungutan Atas Layanan Objek Wisata

  • Bagikan
Paripurna Ranperda Desa Balang Butung

Selayar, suaralidik.com – Badan Pemberdayaan Desa (BPD) Desa Balang Butung, menyetujui Penetapan Rancangan Peraturan Desa Balang Butung tentang Pungutan atas layanan objek wisata Desa Balang Butung menjadi Peraturan Desa pada Senin (31/05/2021) pagi di Aula kantor desa Balang butung.

Sebelum rapat berlangsung, Ketua BPD Balang Butung (Raden Saleh) meminta undangan rapat paripurna diberikan draft RAPERDES.

Pemkab bantaeng

Paripurna ini dihadiri langsung Kepala Desa Balang Butung (Muslimin), Ketua BPD Balang Butung (Raden Saleh), Para Anggota BPD Balang Butung, Pendamping Lokal Desa (Hairuddin), Para Kepala Dusun,Para Tokoh Masyarakat, Para Tokoh Agama, Para Tokoh Pendidikan, Para Tokoh Pemuda, Para Tokoh Perempuan, Para Ketua Kelompok Tani, Ternak dan Nelayan Se Desa Balang Butung.

Baca Juga : Pemdes Balang Butung Kepuluan Selayar Raih Juara I Lomba Kebersihan

Beberapa catatan yang dikemukakan oleh masing-masing perwakilan anggota BPD Bahwa terkait kepengurusan struktur bidang yang akan mengelolah wisata Desa Balang Butung baik dari Badan Usaha Milik Desa, Organisasi Masyarakat,PKK,Karang Taruna dan Pribadi masyarakat diseleksi dengan baik dan tepat oleh pemerintah desa yang nantinya dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Desa.

Rapat Paripurna BPD Desa Balang Butung tentang Pungutan obyek wisata
Foto bersama Kepala Desa Balang butung Kecamatan Buki Kepulauan Selayar paska Paripurna

Adapun ruang lingkup objek wisata Desa Balang Butung yaitu, permandian Katubbung, air terjun karabbe, pantai Balara, puncak Opu Batulohe dan pantai wisata Batulohe. Tarif yang dikenakan biaya masuk kawasan wisata, sewa parkir perahu, sewa gazebo, retribusi parkir kendaraan, sewat alat kelengkapan renang, dan ojek wisata.

Dalam sambutanya Muslimin mengatakan bahwa rakyat yang visioner pasti memerlukan aturan visioner yaitu sebuah Peraturan Desa yang semata-mata tujuannya untuk kemaslahatan masyarakat dan patutlah kita bangga karena tidak semua Kepala Desa dan BPD mampu membuat Peraturan Desa.

“Jujur ini terobosan berani saya sebagai pemimpin bahwa ketika Wisata Batulohe gagal masa depan akan menjadi sebuah sejarah yang buruk sebaliknya ketika wisata Batulohe ini menjadi menjadi kontribusi karena kerja kita bersama maka akan menjadi sejarah baik sehingga kita mampu menyumbang ekonomi masyarakat Desa Balang Butung untuk bergerak naik karena ekonomi masyarakat bisa bergerak naik melalui sebuah transparansi yang benar dan saya yakin guru yang baik adalah sebuah pengalaman” bebernya

Pada akhir rapat Raden saleh mengungkapkan harapanya marilah kita saling bantu membahu demi suksenya program wisata Desa Balang Butung karena tidak ada usaha yang menghianati hasil dan kami bersama Pemerintah Desa sudah memperjuangkan itu tinggal bagaimana masyarakat menindaklanjuti ini. “Ujar Raden Saleh” (*ANCA)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *