BPJS Kesehatan Kembali Berikan Kemudahan Bagi Masyarakat yang Ingin Mendaftar JKN-KIS

oleh
BPJS Kesehatan
Fhoto : Konferensi Pers Virtual Service dan Kanal Pendaftaran di Kantor BPJS Kesehatan Bulukumba. Senin (15/05/2017)

Bulukumba, Suara Lidik – BPJS Kesehatan terus mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat yang terkendala keterbatasan waktu saat ingin mendaftar sebagai peserta JKN-KIS. Kini BPJS Kesehatan melakukan perluasan kanal-kanal pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan dirinya sebagai peserta, salah satunya melalui mekanisme pendaftaran melalui telepon BPJS Kesehatan ke Care Center 1500-400.

Seperti yang diungkapkan Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari dalam konfrensi pers tentang Virtual Service dan Kanal Pendaftara di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Bulukumba pada Senin (15/05/2017).

BPJS Kesehatan
Fhoto : Konferensi Pers Virtual Service dan Kanal Pendaftaran di Kantor BPJS Kesehatan Bulukumba. Senin (15/05/2017)

“Kini calon peserta tidak perlu mengantri panjang di Kantor BPJS Kesehatan, calon peserta kategori PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) atau peserta mandiri yang ingin mendaftar diri jadi peserta cukup dengan menghubungi Care Center 1500-400” Jelas Andayani pada awak media.

Andayani juga menambahkan bahwa Care Center BPJS Kesehatan yang sebelumnya hanya berfungsi sebagai pemberi informasi, penanganan pengaduan, tanya dokter dan pengelolaan media sosial kini dapat di fungsikan sebagai media pendaftaran peserta BPJS Kesehatan.

Selain itu, Kata Andayani, bahwa melalui fungsi baru Care Center BPJS Kesehatan, peserta juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama, namun hal ini masih diperuntukkan untuk peserta kategori PBPU atau peserta mandiri.

Upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan peserta BPJS saat ini menjadi fokus utama BPJS Kesehatan di tahun 2017. BPJS Kesehatan terus mengembangkan berbagai inovasi dalam meningkatkan mutu pelayanan dalam usaha mempercepat cakupan kepesertaan.

Bagi calon peserta sebelum melakukan pendaftaran via telepon Care Center 1500-400 terlebih dahulu melakukan persiapan antara lain nomor KK, NIK, nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri), nomor HP, alamat domisili atau tempat tinggal dan alamat email.Setelah kelengkapan dinyatakan siap maka calon peserta bisa langsung menghubungi Care Center BPJS Kesehatan. Calon peserta akan dilayani oleh agent Care Center, rekaman pembicaraan antara agent dan calon peserta akan menjadi bukti pendaftaran.

Setelah agent Care Center menyatakan pendaftaran via telepon selesai, maka nomor virtual account akan dikirim ke nomor ponsel atau email caalon peserta. Setelah mendapatkan nomor virtual account, calon peserta diwajibkan membayar iuaran pertama ke Bank yang sesuai dengan rekening tabungan peserta paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah nomor virtual account diterbitkan dengan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya.

Dalam konferensi pers, Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari juga menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan juga telah melakukan perluasan kanal pemberian informasi dan penanganan pengaduan melalui website BPJS Kesehatan pada menu saluran informasi dan penanganan pengaduan (SIPP). Sementara untuk mengintegrasikan penmberian informasi dan penanganan pengaduan yang sebelumnya melalui Hotline Service dialihkan secara langsung ke Care Center BPJS Kesehatan 1500-400.

“Saat ini kepuasan peserta terhadap pelayanan BPJS Kesehatan sudah mencapai level angka 78,6%, dan semoga pada tahun ini tingkat kepuasan peserta dapat menembus level angka 80%” Jelas Andayani.

Andayani juga menjelaskan diakhir Konferensi Pers bahwa saat ini BPJS Kesehatan saat ini telah bekerja sama dengan PT. Lippo Karawaci dengan membuka point of service di pusat perbelanjaan sepert mall.

“Tidak menutup kemungkinan kami akan bekerja sama dengan institusi lainnya. Sebelumnya kami sudah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan melalui portal pendaftaran bersama program jaminan sosial nasional. Hal ini tentunya bertujuan untuk memberikan kemudahan pendaftaran bagi badan usaha dan perusahaan” Tutup Andayani. (Ilal/Awal Tiro/Bandhys)