BPP Kecamatan Buki Kep Selayar Memaparkan Manfaat dan Tujuan SIMLUHTAN di Desa Balang Butung

  • Bagikan
SIMLUHTAN - Andi Maulana di desa Balang Butung Kecamatan Buki Kepulauan Selayar
Rapat verfikasi dan Validasi Data Poktan dan Gapoktan di kantor Desa Balang Butung Kecamatan Buki Kabupaten Kepulauan Selayar pada Senin (24/5/2021) pagi

Selayar, suaralidik.com – Kordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Buki Andi Maulana, SP.MP memaparkan pentingnya Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (Simluhtan) pada rapat verfikasi dan validasi data Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Aula Kantor Desa Balang Butung pada Senin (24/5/2021) pagi.

Simluthan adalah sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian yang menyajikan data meliputi informasi Kelembagaan Penyuluhan Pemerintah (Provinsi, Kabupaten, dan Kecamatan), data ketenagaan penyuluh pertanian (Penyuluh PNS, Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian, Penyuluh Swadaya), data Kelembagaan Petani (Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani, Kelembagaan Ekonomi Petani).

Seluruh data tersebut dapat dikelola dengan perangkat lunak ini, sehingga laporan, rekapitulasi dan distribusi menurut Satuan Administrasi Pangkal (Satminkal) baik di Provinsi, Kabupaten, dan Kecamatan dapat dimonitor dengan baik perkembangannya.

Baca Juga : Dukung Simluhtan, Pemdes Balang Butung Menggelar Rapat Verifikasi dan Validasi Data Kelompok Tani dan Ternak

Hal ini dipaparkan langsung dalam rapat yang dihadiri Kepala Desa Balang Butung Muslimin, Para Penyuluh Pertanian se-Kecamatan Buki, Ketua BPD Balang Butung, Raden Saleh serta para Ketua dan Anggota Kelompok tani dan ternak se-Desa Balang Butung.

Andi Maulana menjelaskan, Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) mengakui kecocokan data lapangan dengan pencatatan sipil. Diharapkan kolaborasi apik dalam data SIMLUHTAN dapat diikuti oleh Kementrian dan Lembaga Negara lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *