BSN Makassar Gelar ToT untuk Dosen ADPERTISI

oleh
bsn
Badan Stansdarisasi Nasional (BSN) menggelar Training of Trainer (ToT) ISO/SNI 9001:2015 untuk para dosen yang tergabung dalam Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI) selama 2 hari, Minggu, (2/9/2018)

Makassar, Suaralidik.com – Pentingnya pengetahuan dan pemahaman tentang kualitas pada era persaingan yang semakin ketat sekarang ini menjadi pemicu bagi para dosen. Maka dari itu, Badan Stansdarisasi Nasional (BSN) menggelar Training of Trainer (ToT) ISO/SNI 9001:2015 untuk para dosen yang tergabung dalam Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI) selama 2 hari, Minggu, 2 September 2018.

Menurut Ibu Suhaimi, selaku Kepala Kantor Layanan Teknis BSN Makassar, ToT ini dilaksanakan bagi para dosen untuk nantinya diajarkan juga kepada mahasiswa yang tersebar pada perguruan tinggi swasta. Selain itu juga dapat diaplikasikan pada UMKM yang telah ada.

“Peserta kita para dosen yang tersebar di perguruan tinggi swasta” Ujar Suhaimi.

Sementara itu, Koordinator Ketua Presidium ADPERTISI, dr. Buyung Romadhani, SE. M.Si mengatakan bahwa hadirnya sinergi antar lembaga maupun organisasi lainnya menjawab langkah-langkah dosen dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat secara nyata.

“Kita berharap ini bisa bermanfaat bagi para dosen dan perguruan tinggi swasta tempat teman-teman mengabdi” Tutup Dr. Buyung Romadhoni, S.E., M. Si, Koordinator Ketua Presidium ADPERTISI.

Pada sesi hari pertama kegiatan ToT ini dibawakan oleh Bapak Dr. Rosiawan, M.T, para peserta diminta untuk mempelajari strategi penyusunan dokumen, alur kerja hingga pada pembuatan komitmen dan evaluasi yang sangat detail penulisannya.

Selanjutnya pada sesi hari kedua, para peserta melakukan kunjungan dan diskusi dengan pihak manajemen PT. Semen Tonasa, sebagai penerap SNI/ISO 9001:2015 dan telah memperoleh SNI Award tingkat Gold pada tahun 2017.

Secara silih berganti para dosen mengajukan pertanyaan kepada Bapak Mulyadi dan Ibu Susi terkait pada implementasi dari SNI/ISO 9001:2015 ini pada sektor manufaktur.

Antusiasme peserta sangat terlihat dengan munculnya beragam pertanyaan hingga pada saat kegiatan ToT ini akan berakhir.

Pada akhir ToT SNI/ISO 9001:2015 ini tersusun beberapa rekomendasi dari para peserta yaitu penunjukan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang terletak di Kota Makassar untuk dijadikan Pilot Project dalam rangka penerapan SNI/ISO 9001:2015.

Kegiatan yang dilakukan oleh BSN dengan ADPERTISI ini merupakan bentuk kerjasama yang nantinya juga menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi.(***Rey)