banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Berita  

Buka Lomba Masak B2SA Indira Yusuf Himbau Sajikan Menu Bergizi

Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, Membuka Lomba Masak Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), di Baruga Anging Mammiri, Rabu 26 Oktober 2022.

Makassar, SuaraLidik.com – Dinas Ketahangan Pangan Kota Makassar menggelar lomba masak Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Baruga Anging Mammiri, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota PKK dari 14 kecamatan dan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail.

Dalam sambutannya, Indira mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan para ibu dalam mengolah bahan-bahan yang tersedia menjadi menu B2SA.

Tak hanya dari segi tampilan menu namun yang paling pokok yang harus diperhatikan yakni nilai gizi suatu makanan yang disajikan kepada keluarga.

“Perlombaan ini menjadi wadah bagi anggota PKK untuk berkreasi dalam menyiapkan kuliner yang sehat bagi keluarga, dan yang terpenting bisa diterapkan di kehidupan keseharian di tengah-tengah keluarga, khususnya bagi anak-anak. Tak perlu mahal yang penting sehat, aman, beragam, dan berimbang,” ujar Indira.

Indira juga mengungkapkan bahan makanan lokal ketika dikemas dengan menarik maka akan memiliki nilai dan daya tarik tersendiri bagi anak-anak yang akan mengkonsumsinya.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan, Muhammad Rheza menjelaskan pihaknya menyediakan bahan pangan yang akan diolah oleh peserta menjadi menu makanan sehat sehari-hari.

“Tadi itu ditentukan bahan pokok pengganti beras. Jadi jargonnya itu kenyang tidak harus nasi. Menu B2SA (beragam bergizi seimbang dan aman),” jelasnya.

Adapun indikator penilaiannya, bahannya harus mudah diperoleh, pengolahannya, tampilan, komposisi, kandungan nutrisinya serta nilai jualnya.

“Paling penting harganya harus terjangkau, yakni maksimal Rp. 100.000. Sebab outputnya, pengaplikasian di kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.(*)