Bukit Tiro Lembang Desa Kaloling Kab Sinjai Kini Menjadi Wisata Alam Yang Menjanjikan

oleh
Bukit Tiro Lembang (TRL)
Foto : Salah seorang pengunjung Bukit Tiro Lembang (TRL) yang sedang mengabadikan kujungannya.

Suara Lidik Wisata – Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai provinsi Sulawesi selatan memang kaya dengan lokasi spot swafoto, bukan hanya Hutan Mangrove Tongke-Tongke dan Bukit Vandiam di Desa Sanjai, namun ada lokasi baru yang belum lama dikenal dan sudah mulai ramai pengunjung setiap harinya, yaitu Bukit Tiro Lembang (TRL) yang berada di Desa Kaloling.

Bukit Tiro Lembang (TRL)
Foto : Salah seorang pengunjung Bukit Tiro Lembang (TRL) yang sedang mengabadikan kujungannya.

Bukit Tiro Lembang menurut warga setempat berarti bisa melihat daerah sekliling dari ketinggian puncak bukit tersebut.

Kurang lebih 15 Menit perjalan darat dari pusat kota sinjai. letaknya di jalan poros Sinjai- Bulukumba membuat tempat ini sangat mudah di akses oleh para pengunjung.

Di tempat ini, pengunjung tidak dikenakan biaya sepeserpun. Pengunjung dimanjakan dengan suasana tenang dan hawa sejuk dari ketinggian.

Pengunjung dapat menikmati beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya rumah pohon, tempat duduk untuk bersantai. ditempat ini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah warga, Ditempat ini juga sangat cocok dijadikan tempat untuk pengambilan gambar praweding.

Bukit Tiro Lembang
Foto : Pengunjung sedang menikmati pemandangan alam dari Bukit Tiro Lembang

Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Andi Mandasini Saleh, Ahad (23/7) mengatakan bahwa pihaknya memberi apresiasi terhadap inovasi bagi generasi muda yang menciptakan hal-hal baru seperti Bukit TRL.

“Objek wisata seperti ini sangat kita dorong pengembangannya dan kami akan tetap berkordinasi dengan pemerintah desa setempat,” ujarnya.

Ditambahkannya, Pemerintah desa dapat berinovasi untuk membangun sarana pendukung yang ada di obyek wisata tersebut dan hal ini sesuai dengan kewenangan desa sesuai UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa. (AaNd/bcht)