Bulukumba Akan Dilewati Dua Peleton Pasukan Tempur Kodam XIV, Ada Apa?

oleh

BULUKUMBA – Sebanyak dua peleton pasukan tempur Kodam XIV Hasanuddin dikabarkan akan melintasi tujuh kabupaten di wilayah selatan Sulawesi Selatan dengan berjalan kaki, termasuk Kabupaten Bulukumba. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Juang Kartika atau Hari Ulang Tahun Infanteri yang jatuh pada tanggal 19 Desember.

Komandan Kodim 1411 Bulukumba, Letkol ARM Sutikno menjelaskan, prajurit yang ikut dalam kegiatan ini berasal dari beranting Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya. Tim terdiri dari pelaton inti dan pendamping yang masing-masing peleton berjumlah 30 orang yang akan berjalan dengan rute Kabupaten Bone sampai ke Kota Makassar.

“Mereka akan melintasi Bulukumba, dengan persenjataan lengkap sebagai perayaan ultah Infanteri. Kemungkinan akan tiba di Bulukumba hari Minggu malam Senin tanggal 17 Desember mendatang,” jelas Sutikno

Dalam perjalanannya, para prajurit tersebut akan disiapkaan empat posko sebagai rest area (tempat istirahat) di setiap kabupaten termasuk Bulukumba. Jarak antar posko sejauh 25 kilometer, masing-masing ditempatkan di SDN 89 Tanete, UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Rilau Ale, dan Kantor Balai Benih Bijawang, dan Kantor Pajak Pratama Bulukumba.

Sutikno menjelaskan, long march selama tiga hari dengan rute mulai dari Kabupaten Bone, melintasi Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa, dan finish di Kota Makassar tepatnya di Monumen Mandala. Kegiatan ini merupakan momentum mengenang perjuangan Jenderal Sudirman bersama pasukannya yang berawal dari peristiwa sejarah perjuangan bangsa pada pertempuran di Ambarawa tanggal 12-15 Desember 1945.

Rencananya Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali akan menjadi inspektur upacara pada pelepasan peleton di halaman Kantor Pajak Pratama Bintarore pada Senin subuh, 18 Desember 2017. Dua peleton ini akan melintasi wilayah Bulukumba pada malam hari sampai subuh hari.