Bulukumba Keren, Didatangi 20 Delegasi Dari Enrekang Soal Musrenbang Anak

oleh

SUARALIDIK.COM,┬áBulukumba – Kunjungan Studi Pembelajaran Pemerintah Kabupaten Enrekang ke Kabupaten Bulukumba terkait Pelaksanaan Musrenbang Anak di Kabupaten Bulukumba Tahun 2018.

Sejak senin kemarin 29/1 yang bertempat di Aula Bappeda Kabuparen Bulukumba Delegasi dari Enrekang sebanyak 20 orang Pejabat.

Mereka ada dari Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak beserta pejabat Eselon III/IV dan Stafnya, Sekretaris Bappeda Enrekang beserta Pejabat Eselon III/IV dan stafnya.

Pada kegiatan tersebut, kunjungan dari Enrekang ini diterima oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Bulukumba (M.Rifai,AP,M.Si) didampingi oleh Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan (H.A. Agussalim Ishak,S.Sos,M.Si) dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bulukumba (Hj.A. Umrah Aswani,SE,M.Si).

Hadir pula dalam kegiatan itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial dan Forum Anak Panrita Lopi.

Diinformasikan bahwa maksud dan tujuan dari kunjungan ini adalah bahwa Kabupaten Enrekang sangat mengapresiasi langkah Pemkab Bulukumba terkait pelaksanaan Musrenbang Anak, dan berencana untuk mengaplikasikan hal yang serupa di Enrekang pada tahun-tahun yang akan datang.

Sementara harapan pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam hal ini Bappeda Bulukumba dapat memberi petunjuk dan teknik pelaksanaan Musrenbang anak ini bisa berjalan dengan baik.

Hal yang dipertanyakan adalah Dasar Hukum Pelaksanaan Kegiatan, Teknik perencanaan dan penganggaran terkait Musrenbang Anak, Teknis Pelaksanaan Musrenbang Anak di Kabupaten Bulukumba, Proses integrasi Musrenbang Anak ke Musrenbang Reguler di Kabupaten Bulukumba.

Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Kabupaten Bulukumba (H. A. Agussalim Ishak, S.Sos, M.Si) didaulat untuk melakukan pemaparan terkait teknis pelaksaan Musrenbang Anak di Kabupaten Bulukumba.

Pada paparan yang disampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan sebuah inovasi di Kabupaten Bulukumba dengan membuat sebuah wadah bagi anak-anak untuk berperan serta dalam proses perencanaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kegiatan musrenbang anak ini didukung penuh oleh Bapak Bupati dan Wakil Bupati serta anggota DPRD ini di buktikan dengan hadirnya Bapak Bupati, wakil Bupati dan anggota DPRD pada beberapa kecamatan yg melakukan musrenbang anak.

Kegiatan Musrenbang Anak merupakan kerjasama antara Bappeda dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Bulukumba, dan pelaksnaannya diserahkan pada Forum Anak Panrita Lopi di 10 Kecamatan dan tingkat Kabupaten.

Namun demikian, hal ini merupakan sesuatu yang baru, sehingga butuh banyak penyesuaian dan penyempurnaan untuk menemukan formulasi yang pas demi pelaksanaan yg lebih baik lagi kedepannya.

Intinya adalah sebuah kegiatan itu harus didukung penuh oleh seluruh stake holder.(Kemal/red)