Bupati BolMong Didesak Segara Mutasi Pejabatnya Yang Memasuki Masa Pensiun

oleh
Bupati Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Yasti S. Mokoagow

BOLMONG – Suaralidik.com – Desas-desus mutasi dalam rangka penyegaran pejabat Eselon II, III dan IV, ditubuh organisasi Pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow, kian tak jelas. Kini isu tersebut beredar pasca Bupati Yasti S. Mokoagow dilantik, pada tanggal 22 mei 2017 lalu di Gedung Graha, Bumi Beringin, Manado, Sulawesi Utara.

Bupati Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Yasti S. Mokoagow

Hal tersebut menuai sorotan dari beberapa pihak, seperti Aliansi Peduli Totabuan, mendesak pemkab Bolmong agar segera melakukan mutasi penyegaran pejabat.

Ketua Alinasi Peduli Totabuan, Nujulkifli Mokodompit menyebut, banyaknya pejabat yang akan memasuki masa pensiun, harusnya menjadi pertimbangan agar rolling segera dilakukan, terlebih dari beberapa deretan pejabat tersebut masih ada yang menjabat.

“Rolling ini wajib dan harus segera dilaksanakan oleh Bupati, ini adalah dalam rangka mendukung visi Bupati menjadi ‘Bolaang Mongondow hebat’,” ujarnya.

Menurut Nujulkifli, Bupati harus segera melakukan penyegaran para pejabatnya demi masyarakat BolMong, terlebih isu mutasi tersebut sangat mengganggu psikologi para ASN. Dikatakannya lagi, semangat para ASN menurun, dan dikhawatirkan mengganggu kualitas pelayanan aparatur terhadap masyarakat.

“Saya berharap ketika Bupati melakukan mutasi, agar dapat memprioritaskan aparatur yang masih muda untuk duduk dalam jabatan. Ini agar visi Bol-Mong hebat dapat dicapai seperti harapan Bupati dan masyarakat Bol-Mong pada khususnya. Isu rolling ini kayak lirik lagu sambalado saja, pedas tapi hanya dibibir saja”. Ungkap Nujulkifli.

Terpisah, Kabid Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Aparatur di BKPP Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Aldy Pudul, menyatakan bahwa dalam waktu dekat Bupati akan segera melakukan mutasi itu. Hanya saja untuk kepastian kapan akan dilakukan pihaknya enggan membeberkan.

“Yang jelas akan ada rolling SKPD dalam jangka waktu dekat ini. Sebab sudah ada juga ijin dari kemendagri untuk melaksanakan rolling. Namun Kapan tanggal dan bulannya, yang pasti kami tinggal menunggu petunjuk dan arahan Ibu Bupati serta Sekda. Nama-nama sudah disiapkan dan sudah ada di tangan Bupati. Itu pun kalau ada pejabat yang diganti, itu sudah melalui hasil kajian dari berbagai aspek”. Tandas Aldy Pudul. (Is.A/ Ar)


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama