Bupati Bolmong Terima Dana Hibah Daerah Di Jakarta Dari Dirjen Sumber Daya Air

oleh

SUARALIDIK.COM, _Bolaang Mongondow_ – Dengan diterbitkannya surat Penetapan Pemberian Hibah (SPPH) Nomor S-591 MK.7 2017 tanggal 6 Desember 2017 terkait kegiatan Integrated Participatory Development and Management of Irigation Program (IPDMIP), pihak Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mengundang Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) hadir dalam acara Forum Koordinasi Kebijakan dan Penandatanganan perjanjian Hibah Kegiatan IPDMIP di Hotel Bidakara, Birawa Asembly Hall Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta hari ini. (Rabu 14/2/2018).

Foto : Tampak Bupati Bolmong Dra.Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow menandatangani perjanjian Hibah Kegiatan IPDMIP di Hotel Bidakara, Birawa Asembly Hall Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta (Sumber Photo: TUP Bolmong)

Kegiatan yang dihadiri oleh para Gubernur dan para Kepala Daerah (Bupati) dengan keynote speech pembicara/narasumber) yaitu Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Deputi Sarana dan Prasarana Bappenas, Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan, serta Direktur Pengelolaan Kas Negara Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI.

Sementara untuk khusus Provinsi Sulawesi Utara, selain Gubernur, hanya Bupati Bolmong dan Bupati Minahasa Selatan yang diundang dalam acara tersebut dan menandatangani Perjanjian Hibah.

Sumber Photo : TUP Bolmong

Pada kesempatan itu, Bupati Bolmong Dra.Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow, mengatakan bahwa berdasarkan Surat Menteri Keuangan RI Nomor S-591/MK.7/2017 tanggal 6 Desember 2017, maka Pemerintah Pusat telah menyetujui penerusan Hibah setinggi-tingginya Rp. 41.020.000.000 (Empat Puluh Satu Milyar Dua Puluh Juta Rupiah).

Penyaluran Dana Hibah ke Pemkab Bolmong dilakukan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam perjanjian hibah yang telah ditandatangani hari ini di Jakarta. Kemudian Bupati Bolmong juga menyampaikan bahwa Dana Hibah yang diterima oleh Pemkab Bolmong merupakan Dana Pengganti atas pelaksanaan kegiatan Program Pengelolaan dan Pengembangan Irigasi Partisipatif Terpadu yang didanai terlebih dahulu oleh APBD Kabupaten Bolmong, jelas Bupati Bolmong.

Sumber Photo : TUP Bolmong

Disampaikan pula bahwa Dana Hibah yang diberikan oleh Pemerintah Pusat itu ke Pemkab Bolmong berdasarkan capaian kinerja (Output-Based) atas pelaksanaan yaitu :

1. Penguatan Kerangka Kelembagaan Pertanian Beririgasi Berkelanjutan
2. Perbaikan Sistem dan Kapasitas Pengelolaan, Operasi dan Pemeliharaan Irigasi
3. Peningkatan Infrastruktur Jaringan Irigasi
4. Peningkatan Pendapatan Lahan Pertanian Beririgasi.

Sumber Photo : TUP Bolmong

Lebih lanjut Bupati Bolmong juga menjelaskan bahwa Dana Hibah yang diberikan oleh Pemerintah Pusat ke Pemkab Bolmong ini dapat juga digunakan untuk mendanai kegiatan-kegiatan penyelenggaraan di Sektor Irigasi dan Pertanian sebagaimana yang telah diatur dalam Pedoman Pelaksanaan Program Hibah, tutupnya.(Suaralidik Sulut/Is/red)