Bupati Boltim Buka Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020

oleh -
Foto : Bupati Boltim nampak membuka Forum Konsultasi Publik RKPD Boltim Tahun 2020

BOLTIM, Suaralidik.Com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020. Kegiatan dibuka secara resmi Bupati Boltim Sehan Landjar SH, di Aula Kantor Bupati, Rabu (6/3).

Bupati mengatakan, konsultasi publik merupakan rangkaian proses penyusunan rencana kerja pemerintah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan.

SMKN 1

“Konsultasi publik perlu dilakukan untuk mensinergikan program yg akan di laksanakan tahun 2020 sebagai bentuk penyesuaian visi-misi yang tertuang dalam RPJMD dan perubahannya,” ungkap Bupati.

Pelaksanaan konsultasi publik ini, kata Bupati, dilaksanakan sebelum masuk pada musrenbang kabupaten sehingga bisa diperoleh solusi dalam perencanaan pembanguman terutama terkait keterbatasan anggaran.

“Hasil musrenbang di desa akumulasi permintaan masyarakat itu triliunan, di tingkat (musrenbang) kecamatan dibahas dan dipilah mana yang menjadi kewenangan desa, masuk ke kabupaten sebelum menentukan prioritas kita harus lewat konsultasi publik ini,” tuturnya.

Bupati berharap seluruh stakeholder dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk melakukan analisis swot dan mengklasifikasi masalah dan penyebabnya terkait perencanaan pembangunan di tahun 2020.

“Kita akan komunikasikan dan konsultasikan hari ini langkah-langkah strategis dari sekian banyak usulan masyarakat mana yang menjadi skala prioritas,” sebutnya.

Sementara itu, Kabid Litbang Bappeda Boltim James Kinontoa menambahkan dalam konsultasi publik akan disampaikan program prioritas pembangunan beserta tema pembangunan tahun 2020 sebagai salah satu panduan dalam penyamaan persepsi tentang pedoman pembangunan tahun 2020.

“Tujuannya untuk penyepakatan program kegiatan, permasalahan dan isu strategis yang kemudiaan akan dibuatkan dalam penandatanganan berita acara kesepakatan forum konsultasi publik sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan rancangan RKPD Boltim tahun 2020,” terangnya.

Turur hadir, Wakil Bupati Boltim Drs Rusdi Gumalangit, Perwakilan Bapeda Provinsi Sulut, Pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Boltim, Camat, Sangadi serta tokoh masyarakat se Kabupaten Boltim.(***fibo)