Bupati Buka Cikal Competition Part III, Diikuti 648 Peserta Berlangsung 23 Sampai 25 Februari

oleh

Bulukumba, Suaralidik.com–Cikal Competition Part III Galang Tegak tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bulukumba tahun 2018 dibuka Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali, Jumat, 23 Februari. Kegiatan bertema “Keren, Kreatif, Menantang dan Bersahabat ” ini diikuti 378 peserta dari penggalang (tingkat SMP) 270 orang dan penegak (tingkat SMA) 378 orang.

Ketua Panitia, H. Safiuddin dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu diikuti 15 sekolah tingkat SMP/sederajat, dan 21 sekolah tingkat SMA/sederajat. Selama kegiatan berlangsung, peserta akan merebut piala dari sejumlah lomba kegiatan yakni LKBB (Pangkalan khusus Penggalang), Pionering (Pangkalan), Jelalah Kota (Pangkalan), SMS atau Smaphore Morse dan Sandi (Gugus Depan), Pramuka Cerdas (Gugus Depan), Tilawah Qur’an (Pangkalan), Vokal Group (Pangkalan khusus Penggalang), PBB (Pangkalang khusus Penegak), dan Cikal atau Cipta Karya Laga(Pangkalan khusus Penegak).

“Keseluruhan jumlah peserta kita yang ikut berkompetisi sebanyak 648 peserta,” ungkapnya.

Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali dalam sambutannya mengatakan, pramuka merupakan wahana untuk menjadikan generasi muda terampil, dan meningkatkan pengetahuan. Melalui pramuka anak-anak diajarkan untuk membina semangat, kebersamaan, dan belajar keterampilan komunikasi.

“Bukan pendidikan informal tapi pramuka adalah wadah untuk membentuk karakter dan kepribadian generasi muda. Karenanya saya harap seluruh sekolah menghidupkan kembali pramuka,” pintanya.

Melalui pramuka pula, AM Sukri Sappewali berharap anak-anak bukan sekedar bermain di alam bebas tapi belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dalam pendidikan formal. Membangun keberanian, tanggungjawab, dan belajar memimpin.

Pada pembukaan kegiatan, pihak panitia mengumumkan juara lomba administrasi. Tingkat Penggalan Putra diraih SMPN 9 sebagai juara I,  SMPN 22 Bulukumba juara II, dn MTsN 1 Bulukumba juara III. Tingkat Penggalan Putri SMPN 9 Bulukumba juara I,  MTsN 1 Bulukumba juara II, dan SMPN 1 Bulukumba juara III.  Untuk Penegak Putra dari SMKN 2 Bulukumba juara I,  SMAN 17 Bulukumba juara II,  SMAN 8 Bulukumba juara III, dan tingkat Penegak Putri SMKN 2 Bulukumba sebagai juara I,  SMAN 8 juara II dan SMAN 13 Bulukumba juara III.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali selaku Mabicab menyerahkan hadiah kepada pemenang didampingi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bulukumba Tomy Satria Yulianto.(Kemal