Bupati Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten

oleh

Bulukumba, Suaralidik.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2018 Tingkat Kabupaten Bulukumba berlangsung di ruang Pola Kantor Bupati. Musrenbang yang berlangsung sehari dibuka Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali. 

Musrenbang sebagai instrumen perencanaan pembangunan tentu harus dapat dijadikan titik tolak dalam merancang atau merumuskan arah kebijakan, prioritas pembangunan daerah, serta kaitannya dengan prioritas kegiatan yang pendanaannya baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN maupun sumber pembiayaan lainnya.  

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dalam sambutannya mengatakan, perencanaan pembangunan harus  terintegrasi dan bersinergi baik antar satuan kerja terkait di daerah maupun dalam hubungannya dengan satuan kerja di tingkat provinsi dan kementerian atau lembaga di tingkat pusat, sehingga dengan demikian program dan kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan output, outcome dan impact yang akan dirasakan secara lebih nyata. 

Menurut AM Sukri Sappewali, integrasi dan sinergitas sangat penting, karena kesesuaian antara program pemerintah daerah dan Program Nasional merupakan salah satu tolak ukur yang dijadikan oleh pemerintah pusat dalam menilai tinggi rendahnya kinerja pemerintah daerah. 

“Saya menghimbau kepada seluruh peserta Musrenbang khususnya kepada Kepala SKPD, dan para camat untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sedapat mungkin tidak meninggalkan tempat sampai acara ini selesai kecuali untuk alasan yang sangat penting, berikanlah sumbangsih saran dan masukan yang baik dan berkualitas kepada masyarakat,” pinta Bupati dua periode ini. 

Gubernur Sulsel yang diwakili Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sulsel, Ir Gunawan Palaguna, mengatakan hasil Musrenbang harus mendukung program yang telah dicanangkan Pemprov seperti mendukung program Sulsel sebagai lumbung pangan nasional.  

Wakil Ketua DPRD Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki, mengatakan Musrenbang yang dilaksanakan hari ini adalah tahap akhir dari perjalanan panjang perencanaan pembangunan yang sudah dimulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten dan forum OPD. Tahap akhir yang dimaksud di sini adalah kesempatan terakhir untuk menentukan program prioritas daerah yang akan kita laksanakan di tahun 2019. Sementara itu Kepala Bappeda Bulukumba, Andi Syafrul Patunru, mengakui Musrenbang 2018 dilaksanakan sebagai dasar dalam menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Pemkab Bulukumba tahun anggaran 2019. 

Musrenbang dihadiri Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, Kapolres Bulukumba AKBP Anggi Naulifar Siregar, Dandim 1411 Bulukumba Letkol (ARM) Sutikno, Sekda Bulukumba Andi Bau Amal, Kepala OPD, delegasi kecamatan, tokoh masyarakat, pemuda, dan LSM.(Amelia/kemal red).