Bupati Bulukumba Lepas Tim Pra Porda Pencak Silat

oleh
Atlet Pencak Silat Bulukumba, mempertontonkan aksi di hadapan Bupati Bulukumba. Senin (18/9/17).
Atlet Pencak Silat Bulukumba, mempertontonkan aksi di hadapan Bupati Bulukumba. Senin (18/9/17).

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali melepas 20 peserta atlit pencak silat yang mewakili Kabupaten Bulukumba dalam ajang penyisihan Pra Pekan Olahraga Daerah (Porda) yang akan berlangsung di Kabupaten Selayar mulai tanggal 22 sampai 29 September 2017. Pelepasan ini dilaksanakan di lapangan Pemuda usai pelaksanaan Upacara Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan Pemda bersama jajaran TNI Polri, Senin (18/9/17).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Akhmad Januaris yang ditunjuk sebagai manager tim menyampaikan jika 20 atlit tersebut akan mengikuti 11 kelas yang dipertandingkan dalam Pra Porda Pencak Silat tersebut, baik secara perorangan maupun beregu. Selain atlit, tambah Januaris pihaknya juga didampingi 9 orang official sehingga total yang berangkat 29 orang, termasuk Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Politik Pemerintahan, HM Haerul Nurdin.

Menurut Ketua Harian KONI Bulukumba Rahman Jarre, pencak silat ini merupakan cabang olahraga (cabor) andalan Bulukumba yang diharapkan bisa mendulang medali pada Porda 2018 mendatang. Olehnya itu, kata Rahman, harapan tersebut berada di pundak para atlit untuk dapat lolos di Pra Porda ini. Dikatakannya cabor Pencak Silat adalah olahraga yang kontak langsung dengan lawan, sehingga harapan kami, para atlit menjaga sportifitas dalam bertanding.

“Bukan hanya kemenangan yang dicari, namun ini terkait sportifitas dan harga diri karena pencak silat juga merupakan latihan mental diri,” beber Rahman Jarre dalam sambutannya.

Sementara itu, AM Sukri Sappewali mengaku antusias mengawal para atlit pencak silat ini, makanya dirinya langsung memerintahkan seorang pejabat setingkat Kepala SKPD untuk memimpin rombongan tim selama pelaksanaan Pra Porda. Cabor pencak silat ini, kata Andi Sukri memiliki peluang besar untuk meraih medali.

“Tunjukkan anak-anakku sekalian mampu merebut tiket ke Porda nantinya. Tunjukkan kemenangan yang murni dengan semangat yang tinggi dan rela berjuang,” pungkas AM Sukri Sappewali memberikan semangat.

Pada kesempatan tersebut, tiga atlit pencak silat mensimulasikan gerakan silatnya nya di hadapan Bupati, Wakil Bupati dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Dua diantaranya adalah siswi SMA 19 Bulukumba yang merupakan saudara kembar bernama Ilda dan Filda. Keduanya menunjukkan ketangkasannya sambil menggunakan 3 alat berupa parang, celurit/sangke dan tongkat (toya).