Bupati Bulukumba : Pamsimas Perlu Dibantu, Itu Kebutuhan Dasar Masyarakat !

oleh
Photo : Bupati Bulukumba Membuka Sosialisasi Pamsimas III Tahun 2018

BULUKUMBA, Suaralidik. Com – Bupati Bulukumba A.M. Sukri Sappewali mengatakan Pamsimas di Bulukumba perlu dibantu. Sebab air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat. Sama halnya dengan kebutuhan terhadap kesehatan dan pendidikan.

Pernyataan tegas Bupati Bulukumba disampaikan pada sambutan Sosialisasi Pamsimas III Tahun 2018 di Bulukumba, Jumat (27/4/2018) di Aula Bappeda Bulukumba.

Photo : Bupati Bulukumbs menyerahkan penghargaan kepada Pamsimas Terbaik, Kelurahan Tanahberu, Bontobahari

Lebih lanjut, AM Sukri Sappewali, meminta Satuan Kerja (Satker) Pamsimas untuk melakukan verifikasi lokasi, pengurus sebelum menentukan lokasi.

“Ini terbukti dengan adanya desa yang Pamsimasnya mendapat kategori merah. Saya minta Satker Pamsimas Bulukumba, mengecek lokasi sebelum menentukan lokasi,”tegas Bupati.

Seyogyanya, kata Bupati, Pamsimas mengutamakan Desa yang benar-benar kesulitan air. Kalau itu benar-benar mendeaak dan butuh bantuan dana daerah. Maka, Pemda akan memberikan dana sharing.

“Utamakan desa yang benar-benar kesulitan air. Jangan desanya yang airnya mudah diperoleh, dibangun Pamsimas. Karena ini adalah kebutuhan dasar, maka kita Pemda serius. Tentukan lokasinya berapa kebutuhan anggarannya dan kita bantu dan sharing,”tukasnya.

Data yang disampaikan Satker Pamsimas Bulukumba telah dibangun Pamsimas di 96 desa. Rinciannya, 12 kategori merah artinya fasilitasnya tidak berfungsi sama sekali.

Selanjutnya, 10 desa kategori kuning. Artinya Pamsimasnya tidak maksimal. Kalau ada 100 kk, maka yang dilayani hanya 50 kk. Sisanya, 74 kategori hijau artinya Pamsimas berfungsi dengan baik.

Pada kesempatan itu, Bupati memberikan penghargaan kepada Pamsimas terbaik yang diterima Kelurahan Tanahberu kecamatan Bontobahari. Penghargaan diberikan langsung Bupati dan diterima Lurah Tanahberu. (***iqb)