Bupati Bulukumba Target Selesaikan Pembangunan Bandara di 2018

oleh

BULUKUMBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba menargetkan pembangunan Bandara Perintis yang saat ini berjalan akan rampung di tahun 2018 ini.

Hal tersebut dikatakan langsung Bupati Bulukumba, A.M.Sukri Sappewali saat menghadiri acara perayaan pergantian tahun di kawasan wisata pantai Tanjung Bira, Minggu (31/12/2017).

“Pemerintah akan terus berupaya dalam pengembangan Bulukumba. 2018 ini pembangunan bandara akan terealisasi di Desa Ara. Ini tentu akan mempermudah akses wisatawan kita yang yang melakukan kunjungan di Bulukumba,” ujar A.M Sukri.

Terlebih lagi, lanjutnya, saat ini Pinisi yang menjadi kebanggaan Bulukumba telah diakui dunia. Hal tersebut menjadi kebahagian Indonesia khususnya Bulukumba yang memiliki pengrajin Pinisi yang punya kemampuan merakit Pinisi tanpa desain sebelumnya.

Dalam menjaga pelestarian Pinisi ini, Pemerintah telah bekerjasama dengan beberapa daerah salah satunya Kalimantan dan Sulawesi Tenggara untuk menghadirkan bahan baku pinisi. Selain itu pembangunan museum Pinisi akan dilakukan agar menjadi wahana edukasi yang ingin mengenal pinisi lebih lengkap lagi.

Seiring persiapan pembangunan Bandara, pemerintah menurut A.M Sukri akan mendorong pengembangan pariwisata Bulukumba. Tidak hanya wisata bahari saja, namun semuanya, seperti wisata budaya di Ammatoa Kajang, pegunungan Kahayya beserta kopinya.

“Berkembangnya pariwisata kita akan memberikan multiplayer efek, bertumbuhnya pengusaha baru seperti, rumah makan, restoran, jasa hiburan. Untuk itu pembangunan pariwisata harus dilakukan di seluruh sisi yang terintegrasi. Tumbuhnya investasi di Bira akan menguntungkan seluruh bidang khususnya penyerapan tenaga kerja,” jelasnya.

Seperti diketahui, pada perayaan momen pergantian tahun 2017 ke 2018, jajaran Pemkab Bulukumba menghadirkan Band papan atas Padi Reborn dan sejumlah artis lainnya untuk menghibur masyarakat.

Turut hadir juga beberapa anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) diantaranya, Ketua DPRD Bulukumba, A. Hamzah Pangki, Wakil Ketua DPRD A. Zulkarnaen Pangki dan Murniaty Makking, dan Kapolres Bulukumba, AKBP Anggi Naulifar Siregar.