Bupati dan Wabup Bulukumba Tinjau Penyaluran PKH Ratusan Warga

oleh

BULUKUMBA,suaralidik.com – Usai melaksanakan Peringatan Hari Pramuka ke 56 di lapangan Manyampa, Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali dan Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto memantau penyaluran bantuan dana dari Program Keluarga Harapan (PKH), Kementerian Sosial untuk wilayah Kecamatan Ujungloe. Senin (14/8/17).

Tampak ratusan warga mengantri di aula Kantor Camat untuk mendapat dana yang peruntukkan bagi biaya pendidikan anak-anak sekolah ini.

Diketahui, Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program pemberian uang tunai kepada warga menengah ke bawah berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya.

Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai program conditional cash transfers (CCT) atau program Bantuan Tunai Bersyarat. Persyaratan tersebut dapat berupa kehadiran di fasilitas pendidikan, misalnya bagi anak usia sekolah, ataupun kehadiran di fasilitas kesehatan seperti, balita, atau ibu hamil.

Menurut Koordinator Kecamatan PKH Ujungloe, Sartika, jumlah penerima PKH di Kecamatan Ujungloe sebanyak 748 rumah tangga. Setiap rumah tangga menerima sebesar 500 ribu rupiah untuk setiap tahapnya, dimana dalam setahun warga menerima dalam 4 tahap.

“Namun pada tahap ke-empat rumah tangga hanya menerima sekitar 350 ribu lebih, sehingga total yang mereka dapat dalam bantuan PKH dalam setahun sebesar Rp.1.890.000. Saat ini warga menerima PKH dalam 3 tahap sekaligus” ujar Sartika saat ditemui di sela-sela melayani warga untuk menerima bantuan.

Lebih lanjut, Sartika mengemukakan jika mulai tahun 2017 ini, penyaluran bantuan PKH sudah melalui bank pemerintah, yakni Bank Mandiri, dimana sebelumnya penyaluran PKH tersebut melalui Kantor Pos.

“Jadi pada penyaluran saat ini, semuanya masih tunai oleh karena aplikasinya untuk non tunai belum berfungsi. Kedepannya mereka sudah bisa mencairkan di Kantor Bank Mandiri atau melalui ATM,” jelasnya.

Jumlah rumah tangga penerima bantuan PKH yang dimulai sejak tahun 2012 ini untuk wilayah Kabupaten Bulukumba sebanyak 6.469 rumah tangga. Saat ini baru 4 kecamatan yang tersalurkan bantuan PKHnya yaitu Bulukumpa, Gantarang, Bontotiro, dan Ujungloe. (A3 / IC)