Bupati Eyang Berencana Lelang Seluruh Kendis Di Bolmong Timur

oleh

suaralidik.com, BOLMONG–Bupati Sehan Salim Landjar SH berencana melelang semua Kendaraan Dinas (Kendis) yang berada di Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur. Hal tersebut dilakukan agar ada penghematan kas daerah. Dengan demikian, kemaslahatan Rakyat dan Aparatur Sipil Negara dapat diwujudkan.

Pada sambutan Pemerintah dalam sebuah pesta pernikahan anak dari staf khusus Bupati Bolmong Timur, Supratman Datunsolang SE di Modayag, Sehan S Landjar menegaskan gaji dan tunjangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun siap dinaikkan, tetapi kendis harus ditarik. Ini juga disebabkan adanya rencana penghematan sebesar 4 Miliar untuk menekan pemborosan sehingga gaji ataupun tunjangan bisa meningkat.

Ketua DPD PKS Bolmong Timur, Supratman Datunsolang, SE, manyambut baik rencana Eyang ini. Saat ditanyai pendapat perihal penarikan kendis tersebut oleh tim Suara Lidik, Ia menyatakan jika tindakan nantinya bisa menghemat anggaran yang tentu saja akan berdampak positif terhadap kas keuangan daerah.

“Coba kita hitung anggaran pembelian mobil 300.000.000, pemeliharaannya kurang lebih 200.000.000, yang kendisnya terkadang belum tentu digunakan sebagai operasional turun ke rakyat paling cuma langsung ke rumah.” Ucap Eyang sapaan akrab Bupati Boltim.

Ia menambahkan, yang berhak memakai kendis nantinya hanya Bupati, Wakil Bupati, Sekertaris Daerah (Sekda), dan Camat.

“Karena Camat adalah penanggung jawab wilayah, sedangkan tiga asisten saya mo cabu!” Eyang menegaskan.

Lebih lanjut, Eyang menyatakan jika lebih baik anggaran minim daerah dimaksimalkan untuk program-program yang pro rakyat, yang bisa mendorong perbaikan ekonomi masyarakat Bolmong Timur. Ia bahkan menargetkan pada tahun 2020 mendatang, grafik kemiskinan di Bolmong Timur turun sampai 1%. Sekarang ini, angka kemiskinan dinyatakan kurang lebih 5%. Untuk tingkatan Provinsi sendiri, Bolmong timur berada pada peringkat ketiga. (abrm/AM)