Bupati Gorontalo Tolak Ide Perubahan Waktu Malam Tumbilotohe

oleh -

Foto : Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo,(foto Irfan humas).

Gorontalo, Suaralidik.com – Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo menolak usulan pemindahan waktu malam Tumbilotohe (malam pasang lampu) ke hari raya ketupat.

SMKN 1

Sang deklarator provinsi Gorontalo melalui akun facebook Sahabat NDP menegaskan, pihaknya belum memdengar ide maupun gagasan tentang pemindahan malam Tumbilotohe.

“Perlu ditegaskan bahwa saya baik secara pribadi maupun Bupati belum pernah mendengarkan langsung ide dan gagasan tentang pemindahan waktu pelaksanaan tumbilotohe tersebut,”tegas Bupati, Kamis 09/05/2019.

Prof Nelson menambahkan, pemerintah kabupaten Gorontalo tak pernah membahas atau berencana memindahkan tradisi yang telah turun temurun dilaksanakan oleh masyarakat Gorontalon.

“Pemerintah kabupaten Gorontalo tidak pernah membicarakan atau mendiskusikan dan atau berencana memindahkan tradisi yang telah berlangsung turun temurun tersebut,”tambah Prof Nelson.

Ide pemindahan waktu malam Tumbilotohe sempat menjadi perbincangan hak layak dimedia sosial usai dipublikasilan oleh salah satu media lokal dengan judul “Tumbilotohe Diundur Malam Lebaran Ketupat”, sambil memasang karikatur para Bupati dan Wali Kota Gorontalo.

Ide ini digagas oleh salah seorang ustat yang kemudian oleh masyarakat Gorontalo ramai-ramai monolaknya karena dinilai tak pas.(***Rollink).