Bupati Gorut Dampingi Danlantamal Vlll Tinjau Pembangunan Mako Lanal

oleh

Bupati Gorut Dr Idra Yasin MH mendampinginya Danlantamal Vlll saat melakukan peninjauan persiapan pembangunan Mako Lanal,(foto humas).

Gorontalo, Suaralidik.com – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Provinsi Gorontalo Dr Hi Indra Yasin MH menerima sekaligus mendampingi Kunjungan Kerja Danlantamal VIII Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar., Stud. beserta rombongan di Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu 05/12/2018.

Kunjungan Danlantamal VIII Manado beserta rombongan ini dalam rangka kunjungan kerja  (kunker) di Provinsi Gorontalo sekaligus meninjau langsung lokasi persiapan pembangunan Markas Komando (Mako) Lanal yang ada di Kecamatan Anggrek Gorut.

Bupati Indra Yasin kepada awak media mengungkapkan, kunjungan Danlantamal VIII ini guna meninjau langsung lahan persiapan pembangunan Mako Lanal Gorut dan Dermaga anggrek yang akan di jadikan Mako pengamanan Laut.

Bupati juga menjelaskan, Wilayah Gorut sangat membutuhkan armada pangkalan Angkatan Laut guna menjaga wilayah pesisir dan perairan laut terbuka, khususnya perbatasan Utara Negara Indonesia.

“Kami Pemerintah Daerah  menyambut baik kunjungan Danlantamal VIII di Kabupaten Gorut guna meninjau langsung  rencana pembangunan  Mako Lanal Gorut dan Armada Mako Pengamanan Laut dibahagian Utara Sulawesi, Dan Pihak TNI AL pun merespon baik rencana Pembangunan  Mako Lanal Gorut bersama armada pengamanan Laut di Dermaga Pelabuhan Anggrek lama,”ujar Indra.

Lanjut Bupati, Menurut Danlantamal, Lahan persiapan pembangunan Mako Lanal dan Pangkalan Armada Wilayah Perairan Utara sangat strategis dan menarik perhatian Danlantamal. Sehingga Angkatan Laut perlu dilengkapi dengan sarana prasarana yang baik guna mendukung pertahanan bahagian Utara Indonesia.

“Seperti yang kita ketahui bersama,  Gorut berhadapan langsung dengan Laut Sulawesi dan Pasifik, serta berhadapan dengan negara Asean seperti Negara Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam serta Negara Tetangga lainnya. Sehingganya perlu penempatan pangkalan angkatan laut untuk mengamankan laut wilayah Utara,”ungkap Bupati Indra Yasin.

Selain itu, Bupati menambahkan jika rencana pembangunan Mako Lanal dan Armada laut di wilayah Utara Indonesia terlaksana, maka  di Wilayah Kabupaten Gorut akan diisi oleh Brigade Jendral Bintang satu, yakni Laksamana Muda Angkatan Laut (AL) yang akan mengisi Mako Lanal Gorut.

Pada rangkaian tersebut, Diawali dengan Peninjauan Lokasi Pembangunan PLTU Anggrek, yang kemudian dilanjutkan meninjau Pelabuhan Anggrek, dan berakhir di Kantor Bupati Gorut,(***TR/03).