Bupati Gorut Siap Persiapkan Gorut Sebagai Kabupaten Maritim

oleh -
Foto : Bupati Gorut Dr Indra Yasin SH MH bersama Walikota Gorontalo, saat menghadiri HUT ke 291 Kota Gorontalo tahun 2019,(foto dok. humas).

GORUT, Suaralidik.com – Dalam waktu dekat Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) akan dikukuhkan sebagai salah satu kabupaten/kota maritim di Indonesia.

Pengukuhan ini berdasarkan berbagai aspek, diantaranya adalah panjang garis pantai di wilayah kabupaten Gorut yang mencapai 317 km terpanjang di Provinsi Gorontalo.Selain itu, jumlah pulau juga menjadi salah satu aspek penentu.

SMKN 1

“Kedepan kami Pemerintah Kabupaten Gorut ini akan menjadi daerah potensial besar sebagai daerah poros maritim dan itu harus kita kembangkan dengan potensi yang ada sekarang.”kata Bupati Gorut Dr Indra Yasin usai menghadiri paripurna HUT Kota Gorontalo ke-291, Selasa (19/3) kemarin.

“Perhatian kita juga kita mulai dialihkan ke potensi laut, karena kita punya 52 kepulauan dan 317 km garis pantai terpanjang di Provinsi Gorontalo,”sambung Bupati.

Pada kesempatan itu juga, bupati menjelaskan bahwa sebagai tindaklanjut dari hal tersebut, pihaknya telah mulai melakukan kajian dan rencana khusus terhadap pengembangan kabupaten maritim ini.

“Kita juga nantinya akan melibatkan serta mengundang perguruan tinggi untuk membicarakan hal ini. Tentu perlu adanya kajian-kajian khusus tentang wilayah kemaritiman,” tutup Bupati.(***Thoger).