Bupati Gorut Targetkan 2020, Jamban Keluarga Sehat Tuntas 100 Persen

oleh -
Foto : Bupati Gorut Dr Indra Yasin SH MH,(foto dok. humas).

GORUT, Suaralidik.com – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Dr Indra Yasin Menargekan, pembangunan jamban keluarga sehat tuntas 100 persen pada 2020 nanti.

Inilah salah program yang saat ini tengah digenjot oleh Pemkab Gorut, dimasa kepemimpinan Bupati Indra Yasin yang kedua.

Kata Indra Yasin, hal ini telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dibanding tahun 2016 lalu dengan presentase yang baru mencapai 18 persen.

“Alhamdulillah dengan kita intervensi melalui Dana Desa maka presentase itu naik, sampai 2018 itu kita sudah capai 65% lebih. Target saya di 2020, sudah tuntas semua,” imbuh Bupati.

Dengan tuntasnya program jamban keluarga sehat ini, Bupati menegaskan, bahwa Gorut akan menjadi yang pertama di provinsi Gorontalo.

Menurut Indra Yasin, jika masyarakat telah memiliki jamban, maka buang air tak sembarangan, tapi akan menggunakan jambat keluarga sehat.

“Dengan target selesai di 2020 maka Gorut saya berharap yang pertama kali di provinsi ini, masyarakatnya sudah bebas atau tidak lagi buang air sembarangan, tapi sudah menggunakan jamban,” harap Bupati dua periode.(***Thoger).