Andi Sukri Jadi Irut Saat Ziarah di Taman Makam Pahlawan Taccorong dan H Andi Sulthan Daeng Radja di Gantarang

oleh
Photo : Bupati Bulukumba menjadi Irup Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Taccorong, Bulukumba

BULUKUMBA, Suaralidik.Com – Menjadi rutinitas setiap peringatan HUT Kemerdekaan atau Proklamasi, adalah ziarah ke makam Pahlawan, untuk mengirimkan doa sekaligus bentuk penghargaan kepada jasa para pahlawan, baik yang merebut kemerdekaan maupun yang berjuang mempertahankan kemerdekaan.

Seperti pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018, Bupati bersama rombongan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Taccorong dan Makam Pahlawan Nasional H Andi Sulthan Daeng Radja di Ponre Kecamatan Gantarang.

Photo : Bupati Bulukumba meletakkan karangan bunga di Makam Pahlawan Nasional Andi Sultan Daeng Radja

Di Makam Pahlawan Nasional ini Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menjadi inspektur upacara, sekaligus meletakkan karangan bunga di makam H Andi Sulthan Daeng Radja yang juga merupakan kakek dari Bupati Bulukumba dua periode ini atau orang tua dari ayahnya Andi Sappewali A Sulthan.

Menurut AM Sukri Sappewali, ayahnya yang dipanggil “Karaengta” merupakan anak dari H Andi Sulthan Daeng Radja adalah Karaeng Gantarang yang terakhir, karena setelah kemerdekaan, wilayah Gantarang menjadi wilayah distrik kecamatan.

H Andi Sulthan Daeng Radja lahir 20 Mei 1894 dan wafat pada 17 Mei 1963. Diangkat menjadi pahlawan nasional pada 3 November 2006, saat itu AM Sukri Sappewali menjadi Bupati Bulukumba untuk periode pertamanya.

Selesai ziarah dari Makam Pahlawan Nasional H Andi Sulthan Daeng Radja, Bupati Bulukumba kembali menuju Lapangan Pemuda untuk memimpin upacara penurunan Bendera Merah Putih, tepat pukul 17.00 wita. (***iswanto)