Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid, Membuka Festival Budaya Ri Butta Siang

oleh -120 views
Bupati Pangkep H. Syamsuddin Hamid membuka Festival Budaya Di Butta Siang, di Alun Alun Citra Mas Pangkep, Sabtu malam (24/11/2018)

Pangkep, Suaralidik.com- Festival budaya di Butta Siang resmi di buka oleh Bupati Pangkep H.Syamsuddin Hamid di Alun alun Citra Mas Pangkep, Sabtu malam (24/11/2018).

Opening kegiatan diawali penampilan parade aksi tari serta pakaian adat budaya Pangkep dan pembacaan sejarah Butta Siang.

Ketua Panitia Pelaksana Dasriana,dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang di laksanakan adalah parade budaya serta penampilan atraksi seni dari tiap kecamatan dan pameran benda pusaka dari lembaga Badik Celebes.

Bupati Pangkep H. Syamsuddin A Hamid dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya ke Dinas Pariwisata Pangkep serta tokoh tokoh budaya yang masih mau melestarikan budaya di Pangkep.

“Miniatur Budaya Sulawesi selatan ada di Pangkep, suku Bugis, Makassar dan Mandar semua ada di Pangkep, karena cuma di sini bertemunya budaya dari ketiga suku besar yang menghuni pulau Sulawesi ini.” Ungkapnya.

“Mari kembalikan petuah orang tua dan pendahulu kita untuk hidup Sipakatau dan Sipakallebi, karena inilah cara para pendahulu kita melestarikan budaya Pangkep.” harap Syamsuddin.

Pembukaan simbolis festival dilakukan dengan pemukulan gong oleh Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid bersama Kadis Pariwisata Sulawesi selatan Musaffar Syah, Ketua DPRD Pangkep, Andi Ilham Zainuddin dan Wakapolres Kompol Sukri Abham.
(***Syaiful)