Bupati Sehan S Lanjar ; Guru Lekat Dengan Integritas Dan Kepribadian

oleh
Bupati Boltim, Sehaab S Landjar, SH, Inspektur Upacara pada Upacara Hari Guru Nasional
Photo : Bupati Boltim, Sehaab S Landjar, SH, Inspektur Upacara pada Upacara Hari Guru Nasional

Boltim – suaralidik.com, Bupati Bolaang Mongondow Timur Sehan Landjar SH menjadi inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional (HGN), Senin (26/11). Upacara yang mengusung tema ‘Meningkatkan profesionalisme guru menuju pendidikan abad XXI’ dilaksanakan di halaman kantor Bupati dan dihadiri ratusan guru se Boltim.

“Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan dalam mencerdaskan bangsa,” tutur Bupati membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Profesi guru, kata Bupati, sangat lekat dengan integritas dan kepribadian. Tugas utamanya adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik. “Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya,” terang Bupati.

Bupati menambahkan, setidaknya ada tiga ciri guru profesional yang harus dimiliki para guru. “Pertama, guru profesional adalah guru yang telah menenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik. Kedua, seorang guru profesional hendaknya mampu membangun kesejawatan dan ketiga seorang guru profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya,” ungkap Bupati.

Tak lupa, Bupati menghimbau agar menjadikan HGN sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa. “Bangsa ini menitipkan amanah kepada bapak dan ibu guru, untuk memelihara, mengembangkan jati diri dan membentuk karakter generasi penerus bangsa agar bangsa ini menjadi bangsa yang tangguh, mandiri, berdaya saing, dan penuh toleransi,” tandasnya.(***bob/TUP HUMAS & PROTOKOL)