Bupati Yasti S Mokoagow Buka Pelaksanaan Kegiatan Workshop UP2K PKK

oleh -18 views
Bupati Yasti didampingi Walikota KotamobaguTatong bara, bersama Ketua tim penggerak PKK Lesly Kaligis, saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan workshop UP2K (Photo TUP Humas Bolmong)
Bupati Yasti didampingi Walikota Kotamobagu Tatong bara, bersama Ketua tim penggerak PKK Lesly Kaligis, saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan workshop UP2K (Photo TUP Humas Bolmong)

BOLMONG, Suaralidik.com – Bupati Bolaang Mongondow Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow, Rabu (10/10/18) membuka Pelaksanaan Kegiatan Workshop Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK bagi kader-kader PKK se-Kabupaten Bolaang Mongondow yang dilaksansalan di D’Lolak Restaurant, Desa Lolak. Turut hadir juga pada kegiatan tersebut Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara.

Dalam sambutannya Yasti menyampaikan ucapan terimakasih sekaligus memberikan apresiasi kepada Ketua dan pengurus tim penggerak PKK Bolmong, atas pelaksanaan kegiatan ini.
“Dalam rangka menumbuhkembangkan enterpreneurship atau jiwa wirausaha baru bagi ibu-ibu PKK di Kab Bolmong”,ucap Yasti.

Srikandi Bolmong ini mengungkapkan bahwa gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga atau PKK adalah gerakan yang diprakarsai oleh ibu-ibu yang tergabung dalam tim penggerak PKK, dan mempunyai perananan penting dalam memberdayakan ekonomi keluarga. ” Tujuan utama gerakan PKK ialah mewujudkan keluarga sejahtera yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan, serta kemajuan dalam keluarga”,ujar Yasti.

Lanjutnya, untuk dapat mencapai tujuan utama dari gerakan PKK tersebut, yaitu dengan melaksanakan 10 program pokok PKK, dimana salah satunya program pengembangan kehidupan berkoperasi, berupa penumbuhan kesadaran keluarga dalam meningkatkan taraf hidup keluarga, melalui kehidupan berkoperasi dan pengembangan ekonomi lainnya. Maka tim penggerak PKK Kab Bolmong melaksanakan workshop usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan presiden nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Yasti menjelaskan, program UP2K ialah salah satu program pemerintah dalam bidang pemberdayaan perempuan, yang berupaya mengangkat status dan peran perempuan dari ketidak mandirian secara ekonomi, dengan memberikan kemampuan atau kekuatan bagi kaum perempuan untuk lebih mandiri, dengan menumbuhkembangkan berbagai potensi yang ada pada individu masing-masing.

Adapun tujuan dari workshop UP2K ini kata Yasti, adalah membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga baik itu dalam kelompok ataupun perorangan, sehingga secara bertahap mampu menjadi wiraswasta yang handal.

Ia berharap pembinaan kelompok UP2K perlu dilakukan secara rutin. “Saya berharap kepada jajaran pengurus tim penggerak PKK Kabupaten dan kecamatan untuk senantiasa memberikan pendampingan kepada kader-kader yang ada diwilayah Kab Bolmong, sehingga program ini tetap berjalan dan terlaksana sebagaimana yang kita harapkan”,harap Yasti.

Segala pengetahuan dan ketrampilan yang sudah diperoleh pada pelaksanaan workshop ini dapat diterapkan dan dilaksanakan, sehingga memberikan manfaat bagi individu maupun kelompok.
“Saya berharap dengan pelaksanaan workshop ini dapat memotivasi kembali ibu-ibu kader PKK, yang belum mendapatkan pekerjaan tetap, untuk mau berwirausaha dan yang sudah berwirausaha supaya dapat mengajak keluarga lainnya untuk bersama-sama dalam kelompok pelaksana UP2K PKK”, tutupnya.

Dalam workshop tersebut Bupati juga menyerahkan Trophy Juara Ke-3 Lomba Penyuluhan UP2K Tingkat Provinsi Sulut dalam rangka HUT Provinsi Sulut Ke-54 Tahun 2018 dimana Tim Penggerak PKK Kabupaten Bolaang Mongondow meraih Juara Ke-3 dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut. (***Is)