Bursa Inovasi Desa di Kecamatan Kaidipang Hasilkan Sejumlah Komitmen

oleh -

Foto : TPID kecamatan Kaidipang bersama Pemda Bolmut dan pemerintah kecamatan Kaidipang,(foto istimewa).

BOLMUT, Suaralidik.com – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sukses menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID), pada Sabtu (03/08/19).

Kegiatan yang menghadirkan para Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Koordinator Kader Pembangunan Manusia (KPM) ini digelar di gedung Tourism Information Center (TIC) Desa Boroko Utara.

Selama kegiatan, para peserta dirangsang untuk mau berinovasi di desanya masing-masing. Sejumlah inovasi bertaraf nasional pun ditawarkan TPID Kecamatan Kaidipang kepada para peserta BID. Mulai dari Inovasi di Bidang Infrastrukutur, Kewirausahaan hingga Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Ketua TPID Kecamatan Kaidipang melalui Bidang Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) Aping Sadaria, kepada media ini mengatakan jika, tujuan utama terselenggaranya BID ini adalah sebagai forum pertukaran informasi tentang perkembangan desa.

“Cukup besar anggaran yang digelontorkan Pemerintah Pusat untuk setiap desa. Maka jangan sia-siakan dana tersebut, buatlah inovasi sehingga mampu menghasilkan Pendapatan Asli Desa”, terangnya.

Sejumlah Kepala Desa di Kecamatan Kaidipang pun berkomitmen untuk membangun desanya masing-masing. Diantaranya Desa Boroko Timur dengan inovasi pemanfaatan wisata pantai, Desa Inomunga dengan pembuatan kolam renang, Desa Kuala Utara dengan olahan kecap manis dari buah kelapa dan Desa Kuala dengan pembuatan sarana olahraga desa.

“Semua desa di Kecamatan Kaidipang telah berkomitmen, selanjutnya hasil komitmen yang telah disepakati oleh Kepala Desa dan Ketua BPD akan direkap dan selanjutnya diserahkan ke Tenaga Ahli Kabupaten Bolmut, Dinas PMD dan Camat Kaidipang, agar kesepakatan ini dapat terlaksana”, ujar pria asal Desa Kuala itu.

Turut hadir pada Kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas PMD Bolmut Adnan Pontoh, Pemerintah Kecamatan Kaidipang, Tim Inovasi Kabupaten Bolmut, Tenaga Ahli Kabupaten Bolmut, Pendamping Desa Kecamatan Kaidipang dan Pendamping Lokal Desa Kecamatan Kaidipang.(chan).