Carnaval Budaya Meriahkan HLUN Ke 23 Tingkat Kabupaten Gorontalo

oleh -

Foto : Peserta Carnaval perwakilan sekretariat DPRD kabupaten Gorontalo,(foto dok. humas).

LIMBOTO, Suaralidik.com – Ribuan lanjut usia (Lansia ) berasal dari berbagai kecamatan se Kabupaten Gorontalo mengikuti carnaval dalam rangka peringati Hari Lanjut Usian Nasional (HLUN ) ke 23 tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo, minggu 18/08/2019.

Carnaval yang di ikuti 34 perwakilan OPD, 19 kecamatan dan 14 kelurahan, serta perwakilan puskesmas, mengambil garis star dari Pasar Buah desa Bulila kecamatan Telaga. Dan di lepas oleh Sekertaris daerah yang juga selaku Ketua Komisi Daerah lanjut usia (Komda Lansia ) Kabupaten Gorontalo Ir. Hadijah U Tayeb.

Sementara garis finish bertempat di halaman rudis Bupati Gorontalo dan disambut langsung oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo didampingi Pembinan Lansia Dr. Fory Naway serta Pimpinan OPD.

Ditemui disela-sela kegiatan Hadijah U Tayeb mengatakan, carnaval ini merupakan bagian dari kegiatan memperingati HLUN ke 23 tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo. Untuk peserta diwajibkan menonjolkan khas budaya Gorontalo.

“Kita lihat tadi, pesertanya menggunakan kostum ciri khas budaya gorontalo. Mereka berasal dari berbagai profesi, ada nelayan, ada pedagang, petani, guru, biang kampung, budayawan dan lain-lain,” Kata Hadijah.

Ia juga menjelaskan, tujuannya adalah agar mereka mengingat kembali masa-masa muda mereka, mereka bisa bersua kembali dimasa tua.

“Ini merupakan wujud pemerintah untuk memberikan semangat, kebahagiaan, keceriaan, serta peran kepada lansia dalam pembangunan di Kabupaten Gorontalo“,jelas Panglima ASN Kabgor.

Sementara kepala bidang (Kabid ) pelayanan dan rehabilitasi sosial lanjut usia dinas sosial kabupaten Gorontalo Titi Nur, SE menambahkan, selain memperingati hari lanjut usia ke 23, kegiatan ini juga dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74.

“Dilaksanakan karnaval maksudnya agar para lansia yang sudah pensiun itu bisa bertemu kembali/reunian. Sehingga mereka punya semangat dan bergembira di HLUN ini”,jelas Titi.

“Inilah bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Gorontalo, hususnya Pak Bupati dan ibu ketua TP PKK terhadap para lansia yang sudah pensiun maupun lansia masyarakat umum. Agar dimasa tuanya punya semangat hidup, sehat, bahagia, dan bermartabat”,lanjut Titi.(Rollink).