Catat !!! Insentif Guru Honorer Toraja Utara Siap di Bayarkan

oleh
Kepala dinas Pendidikan Toraja Utara, Kalvein Tandiarrang/SUARALIDIK.com

SUARALIDIK.cin,TORAJA UTARA– Terkait dengan keresahan soal nasib bagi  Tenaga Guru Kontrak dan Pegawai Kontrak dalam lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara sudah mulai mendapat titik terang.

Hal itu terjawab, setelah Kepala dinas Pendidikan Toraja Utara, Kalvein Tandiarrang lewat pesan singkatnya pada SuaraLidik.com, Kamis sore (21/18) menyampaikan bahwa honorarium bagi tenaga PHT ( Guru dan Pegawai,red) sebanyak 1662 orang anggarannya sudah siap, dan sedang dalam proses.

Disebutkan, sebelumnya jumlah tenaga honorer berjumlah 1700 PHT , namun setelah dilakukan verifikasi dan validasi melalui tim verifikasi maka hasilnya tinggal 1662 PHT.

Kepala dinas Pendidikan Toraja Utara, Kalvein Tandiarrang/SUARALIDIK.com
Kepala dinas Pendidikan Toraja Utara, Kalvein Tandiarrang/SUARALIDIK.com

Dari 1662 PHT tersebut, kata  Kalvein itu hasil gabungan 2014  sebanyak 800 orang lebih dan  2015 sebanyak 700 orang lebih yang  diberikan SK, dan jumlah itu yang akan menerima honorarium.

Dananya sudah siap untuk bayar honorarium bagi 1662 PHT, kini sedang dalam proses,” kata Kalvein.

Sebelumnya, rumor yang berkembang dalam Dinas Pendidikan Torut, yakni adanya hubungan kurang harmonis antara sang kadis dengan sekretaris yang menyebabkan keterlambatan keluarnya SK dan pembayaran honorarium bagi tenaga PHT.

Kekisruan ini, sempat  mendapat perhatian serius dari wakil ketua DPRD Toraja Utara, Rony M Katunde.

Legislator Partai Golkar tersebut menyayangkan terjadinya  keadaan yang berpotensi mempengaruhi pembangunan dunia pendidikan di Toraja Utara dan berimbas pada pemerintahan Kalatiku Pembonan dan Yosia Rinto Kadang.

Kalau kondisi itu dibiarkan ini akan berdampak negatif bagi pak bupati, untuk itu pak bupati semestinya sigap dan mengambil tindakan tegas,” ujar Rony, belum lama ini.

REPORTER; lisna 

REDAKSI ; suaralidik.com-andi awal