Cerita Dibalik Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-74 RI di Pinrang, Sukses Tapi Ternoda, Ini Alasannya

oleh -1 views
Beginilah ulah ASN Kabupaten Pinrang saat mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan

PINRANG, Suaralidik.Com  – Kesuksesan pelaksanaan Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 yang dilangsungkan di halaman Kantor Bupati Pinrang, Sabtu (17/8/2019), dinodai oleh sikap kurang terpuji dari kelompok ASN peserta upacara. Pasalnya, saat upacara masih berlangsung, peserta upacara dari kelompok ASN berseragam Korpri yang berada di bagian timur terlihat langsung membubarkan diri. Hal itu sontak membuat masyarakat Pinrang yang menonton di sekitar areal halaman kantor Bupati kaget dan menggunjingkan perangai ASN tersebut.

Peristiwa itu terjadi saat barisan Paskibraka baru selesai melaksanakan tugasnya dan meninggalkan lapangan upacara. Yang sungguh ironis lagi, kelakuan ASN inu ternyata jauh berbanding terbalik dengan sikap nasionalisme yang ditunjukkan peserta upacara dari kelompok pelajar SD, SMP dan SMA/SMK. Mereka tetap bertahan hingga tahan upacara selesai dan Bupati Pinrang, Irwan Hamid selaku Inspektur Upacara meninggalkan mimbar.

“Sangat kita sayangkan. Tenryata jiwa nasionalisme dan harga kemerdekaan negara kita ini masih jaul lebih bernilai di mata pelajar SD ketimbang ASN yang sudah mendapatkan gaji dan fasilitas dari negara,” ucap Asrul, salah seorang warga di lokasi upacara.

Hal senada dilontarkan Ikhsan, seorang warga lainnya. Menurutnya, Bupati Pinrang dan instansi berkompeten harus mengambil sikap atas ulah para ASN tersebut.

“Kalau memang tidak siap jadi peserta upacara, baiknya jangan dipaksakan. Dengan seragam Korpri yang begitu hebat, tapi malah mempertontonkan hal yang kurang terpuji dan malah kalah dengan anak SD,” sindirnya. (***Ias)