Cuaca Ekstrim di Perairan Bira Bulukumba, Satu Kapal Bermuatan Kayu Dihantam Ombak Hingga Tenggelam

oleh
K.M Karya Saudaraku Tenggelam
K.M Karya Saudaraku Tenggelam di perairan Laut Bira Kab Bulukumba, Selasa (20/6)

Suara Lidik Bulukumba,– Akibat cuaca extrim yang terus menerjang wilayah perairan tanjung bira Kabupaten Bulukumba, satu kapal motor (KM) bermuatan kayu tenggelam bersama nahkoda dan awak kapalnya, Rabu (21/6)

K.M Karya Saudaraku Tenggelam
K.M Karya Saudaraku Tenggelam di perairan Laut Bira Kab Bulukumba, Selasa (20/6)

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 23:00 WITA di perairan laut Bira Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. K.M Karya Saudaraku milik Bahtiar (48) asal Tarowang Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto tenggelam akibat hempasan ombak yang disertai angin kencang.

Kapal yang berangkat dari Kolaka Sulawesi Tenggara itu, memuat kayu 60 kubik dengan tujuan Ke Jeneponto, akan tetapi dalam perjalanannya di perairan Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba pada kapalnya mengalami kerusakan yakni kemudinya patah dan balling-baling sampingnya terlepas setelah dihantam ombak besar.

Hantaman itu menyebabkan kapal hilang kendali dan tenggelam hingga hanyutkan kapalnya ke pantai Ujung Labbu Kecamatan Kajang. Nelayan asal Kassi Olleng(45) yang melintas saat itu, menolong korban dan mengevakuasi kapal korban yang tenggelam tersebut ke pelabuhan Kassi Kelurahan Tanah Jaya Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan Kapal Mesin “Nurhalifa” milik Olleng.

Kapal Mesin “Karya Saudaraku” Milik Bahtiar ini yang di Nakhodai Hamsa bersama keempat awaknya akhirnya berhasil diselamatkan. Dan atas kejadian ini tak ada korban namun kerugian materi berupa kapal korban mengalami kerusakan yang cukup parah.(kemal)