PemprovSulsel Pemkab bantaeng

Dalam Rangka Pembelajaran di Alam Terbuka, Kepsek SMPN 9 Makassar Melepas Peserta Hiking

Kepala Sekolah UPT SPF SMPN 9 Makassar, Hj. Nirmaladewi, S.Pd, M.Pd, Melepas Peserta Hiking, Dalam Rangka Pembelajaran Berbasis Project di Alam Terbuka, Kamis (24/03/2022).

Makassar, SuaraLidik.com – Sejumlah peserta didik UPT SPF SMPN 9 Makassar yang tergabung dalam Estrakurikuler Pramuka, PKS, PMR, Rohis, Kir, Sanggar Seni dan Dokter Cilik melakukan kegiatan hiking, yang dilepas langsung oleh Kepala Sekolah SMPN 9 Makassar, Kamis (24/03/2022).

Kegiatan hiking ini dilaksanakan dalam rangka pembelajaran berbasis project di alam terbuka, dengan tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya”.

Kepala Sekolah SMPN 9 Makassar, Hj. Nirmaladewi, S.Pd, M.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan pembelajaran diluar kelas yang berorientasi pada alam sekitar yang mempunyai sifat menyenangkan, dan dapat mewujudkan nilai spiritual dengan cara mengamati, menyelidiki, menemukan sendiri segala sesuatu ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa untuk diolah dan mengembangkan kemampuan sesuai potensi masing-masing peserta didik.

Hj. Nirmaladewi menambahkan, selain mengembangkan kemampuan potensi masing-masing peserta didik, para peserta juga mencari suasana dan lingkungan baru untuk dapat menyalurkan kebutuhan peserta didik dalam berinteraksi dengan alam dan berinteraksi dengan sesama manusia dalam suasasana diluar ruangan (Outdoor).

“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan mengurus diri sendiri dan menjaga orang-orang disekitar lingkungannya. Selain itu, para peserta juga dilatih mentalnya dalam berpikir positif, mengontrol emosi, berani dan mampu mengatasi masalah sendiri. Dan para peserta mendapatkan pelajaran hidup, kebugaran jasmani dan dapat beradaptasi (tidak khawatir pada perubahan yang terjadi),” jelasnya.