Dampak Kemarau, DPRD Bolmut Minta Pemda Segera Distribusi Air Bersih

oleh -
Eba Nani, Anggota DPRD Bolmong Utara

BOLMUT, SuaraLidik.com – Krisis air bersih yang melanda 16 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menuai sorotan dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Abdul Eba Nani.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmut, Victor Nanlessy, mengatakan berdasarkan hasil permohonan dan survei pihak BPBD di lapangan, terdapat 16 desa di enam kecamatan yang kekurangan air bersih.

“Kami sudah melakukan evaluasi dan survei di lapangan dan hasilnya terdapat 16 desa yang mengalami krisis air bersih dengan 2023 Kepala Keluarga. Untuk penyaluran ajr bersih, kita sudah siapkan sarana penampung air bersih berkapsitas 1.100 liter. Kita juga akan turun lapangan. Kalau besok sudah ada SK bupati, kita langsung action,” ujar mantan Kadis Perikanan dan Kelautan Bolmut itu.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Bolmut Abdul Eba Nani, kepada awak media ini, Selasa (17/09/2019) mengatakan jika, seharusnya Pemerintah Daerah Bolmut merespon terkilait krisis air bersih saat ini.

“Banyak daerah di Indonesia yang mengalami kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan. Untuk Bolmut, Ini harus jadi perhatian serius pemerintah daerah, krisis air bersih harus segera diatasi,” terangnya

Soal tindak lanjut di lapangan, ia mengungkapkan BPBD tak perlu menunggu SK bupati. “Yang paling penting adalah kebutuhan masyarakat. SK itukan hanya persoalan administrasi saja,” ungkap Eba. (***chan)