banner 728x250

Dana Banpol Sudah Cair di Bantaeng, Segini Besarannya

  • Bagikan
Dana Bantuan Politik
Dana Bantuan Partai Politik ||ilst

Pemerintah Kabupaten Bantaeng menggelontorkan anggaran bantuan keuangan bagi 9 partai politik (parpol) tahun 2021 sebesar Rp 621 Juta Lebih

BANTAENG, suaralidik.com – Sebanyak Sembilan partai politik (parpol) di Bantaeng yang berhasil memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Bantaeng pada Pemilu Legislatif 2019, sudah bisa mencairkan anggaran partainya untuk tahun anggaran 2021. Bantuan keuangan parpol tersebut sebesar Rp 621 juta lebih.

banner 728x250

“Kami berharap bantuan keuangan kepada parpol ini agar digunakan secara profesional, sesuai prinsip kehati-hatian yang mengacu peraturan perundang-undangan,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bantaeng, Drs. Abdullah, M.Si, Selasa (31/8/2021) di kantornya.

Bantuan keuangan sebesar Rp 621 juta lebih itu untuk Sembilan parpol peraih kursi di DPRD Bantaeng.

Adapun rinciannya yakni PPP (Rp 100,2 juta lebih), PAN (Rp 98,8 juta lebih) PKS (Rp 90,6 juta lebih) PKB (Rp 55 juta lebih) Nasdem (Rp 61,4 juta lebih) Partai Golkar (Rp 63,1 juta lebih), Demokrat (Rp 59,6 juta lebih), Gerindra (Rp 55,3 juta lebih) dan Hanura (Rp 36,7 juta lebih).

Nilai Per Suara Sebesar Rp 6.075

“Jadi jumlah bantuan keuangan yang untuk masing-masing parpol tersebut berdasarkan jumlah suara sah dikalikan dengan nilai per suara sebesar Rp 6.075. Seperti contoh, PPP memperoleh bantuan keuangan mencapai Rp 100.2 juta lebih. Itu karena dalam Pemilu 2019 perolehan suara sahnya sebanyak 16.495 suara dengan perolehan 5 kursi di DPRD,” jelasnya.

Mantan Kasatpol PP ini juga menyebutkan, penggunaan bantuan keuangan untuk parpol tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 36 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam APBD dan Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran, dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik.

Dikatakan, anggaran bantuan parpol setiap tahun dicairkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bantaeng, dimaksudkan untuk pendidikan politik bagi anggota parpol, termasuk sebagai dana penunjang kegiatan operasional sekretariat partai politik.

Untuk itu, pihaknya berharap agar seluruh parpol penerima bantuan dapat memasukkan laporannya sekaligus permintaan pencairan anggarannya. Sebab itu menjadi syarat dana parpol untuk pencairan. “Saat ini baru partai NasDem yang telah memasukkan laporannya,” tandas Abdullah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *